15 Pelabuhan di NTT Sudah Selesai Dibangun

0
524
Puluhan kendaraan truk sedang parkir di Pelabuhan Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) karena sudah hampir dua pekan pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Fery Cabang Kupang uang menutup semua rute pelayaran di wilayah itu akibat cuaca buruk

Jakarta – (suaracargo.com)

Pembangunan 15 pelabuhan di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini sudah rampung. Pencapaian itu membuat pemerintah pusat maupun daerah dapat mengembangkan moda transportasi laut, baik untuk angkutan penumpang maupun angkutan barang.

“Masyarakat antarpulau di NTT akan terhubung dan mendapatkan akses yang lebih mudah untuk melakukan perdagangan,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata dalam siaran pers yang dilansir kompas, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Kemenhub yakin keberadaan 15 pelabuhan di NTT dapat menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat. Lalu, 15 pelabuhan itu diharapkan bisa menekan disparitas harga antardaerah.

NTT merupakan provinsi penyuplai beberapa kebutuhan pokok ke berbagai provinsi di Indonesia. Salah satu kebutuah pokok yang paling besar yang berasal dari provinsi tersebut yakni sapi.

Lantaran daerah tersebut merupakan pemasok barang kebutuhan pokok, kelancaran distribusi barang dari NTT sangat penting. Sebab, bila distribusi bahan pokok tersebut bermasalah, harga kebutuhan pokok di berbagai daerah bisa melonjak.

Berturut-turut 15 pelabuhan tersebut adalah Kandidi Reo, Potta, Atapupu, Larantuka, Papele, dan Pelabuhan Lamakera. Kemudian, Pelabuhan Waiwerang, Terong, Komodo, Wuring, Palue, Baa, Naikliu, Maurole, dan Pelabuhan Kolbano.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY