366 Truk Overload Dikembalikan ke Daerah Asalnya oleh Dishub & LLAJ Jawa Timur

0
449
ilustrasi jembatan timbang (harapanrakyat.com)
ilustrasi jembatan timbang (harapanrakyat.com)

Surabaya – (suaracargo.com)

Sebanyak 366 kendaraan barang dikembalikan ke tempat asal oleh petugas jembatan timbang Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub & LLAJ) Jatim. Kendaraan-kendaraan itu ditangkap para petugas dalam operasi perdana yang digelar hari Kamis (29/1/2015).

Ratusan kendaraan tersebut diketahui melanggar aturan yang berlaku, yaitu mengangkut barang melebih 25 persen kapasitas mereka. Operasi pengembalian kendaraan – kendaraan overload beserta muatan angkutannya tersebut digelar serentak di 15 jembatan timbang se-Jatim.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub dan LLAJ Jatim Arifin Imanadji mengatakan, 366 kendaraan barang, mulai pick up, truk, hingga trailer yang dikembalikan tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagian dari mereka berasal dari provinsi-provinsi di Jawa dan Bali, sedangkan yang lainnya berasal dari beberapa provinsi di luar Jawa. “Terjauh kendaraan barang yang kita kembalikan ada yang berasal dari Lampung dan Bima Nusa Tenggara Barat (NTB),” ujarnya kepada SURYA.co.id, Kamis (29/1/2015).

Menurut Arifin, ratusan kendaraan tersebut beserta muatannya dikembalikan ke tempat asal. Pengembalian itu dilakukan karena jumlah overload barang yang diangkut oleh truk-truk tersebut melebihi kententuan dari jumlah berat yang diijinkan (JBI).

Selain dikembalikan ke tempat asal, kendaraan barang nakal tersebut juga ditilang dan para pengemudinya harus mengikuti sidang di pengadilan.
“Untuk sidang tilang, dilakukan di wilayah hukum UPT Jembatan Timbang dimana kendaraan tersebut ditilang. Misalnya, kalau di tilang di
Jembatan Trosobo, maka sidang tilangnya ya di Pengadilan Negeri Sidoarjo,” imbuh Arifin.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY