39 Pelabuhan Tikus Telah Ditemukan, Mendagri: Itu Belum Semua

0
384

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah telah berhasil menemukan 39 pelabuhan tikus. Namun, temuan tersebut mencakup seluruh pelabuhan tikus yang ada. Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri mengatakan, temuan tersebut baru di wilayah Kepulauan Riau saja.

Di luar wilayah itu, kemungkinan besar masih ada lebih banyak lagi pelabuhan tikus. Tjahjo mengatakan, pemerintah menengarai, pelabuhan- pelabuhan tikus tersebut telah menjadi tempat penyelundupan pakaian bekas dan narkotika serta obat- obatan terlarang.

Bukan hanya itu saja, pelabuhan- pelabuhan tersebut juga ditengarai pemerintah telah digunakan sebagai tempat penyelundupan senjata. “Masuknya warga negara asing secara ilegal, penyelundupan rokok, sembilan bahan pokok banyak yang melalui jalur tersebut,” katanya pekan lalu.

Wiranto, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan mengatakan, pemerintah sampai saat ini masih memerlukan waktu untuk mempelajari segala bentuk kejahatan yang terjadi di titik rawan penyelundupan tersebut. “Modus, pihak yang terlibat, titiknya serta cara atasi masih dipelajari,” katanya, seperti dilansir nasional.kontan.co.id.

Sebagai catatan saja, pemberantasan kejahatan dan penyelundupan yang marak terjadi di pelabuhan-pelabuhan tikus merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini. Untuk melaksanakan upaya tersebut, Wiranto mengatakan, pemerintah akan membentuk satuan tugas pemberantasan penyelundupan.

Langkah tersebut diambil karena selama ini praktik kotor tersebut dianggap telah menimbulkan kerugian besar pada negara. Wiranto berharap agar dengan adanya upaya pemetaan yang saat ini sedang dilakukan pemerintah, nantinya upaya pemberantasan penyelundupan termasuk yang terjadi di pelabuhan tikus bisa dilakukan secara efektif.

Reporter: Agus Triyono
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY