400 Ribu Kiriman Barang Sehari, Asperindo Jatim Apresiasi Kurir Online

0
406
Ilustrasi cargo (foto:istimewa)

Semarang – (suaracargo.com)

Pro dan kontra adanya transportasi online yang dikeluhkan angkutan konvesional ternyata justru dirasa sebaliknya untuk kurir online. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Tengah justru menyambut baik dengan hadirnya kurir online. Sejumlah kurir online yang saat ini sudah marak di antaranya Go Food (layanan kurir makanan), Go Send (layanan kurir dokumen), dan Go Box (layanan kurir barang).

Ketua Asperindo Jateng, Tony Winarno mengatakan, kehadiran aplikasi online memudahkan masyarakat untuk mengirim atau mendatangkan barang. Sehingga, tak ada alasan untuk menolak kehadiran kurir online pada era digital yang berkembang pesat saat ini.

“Era digital yang berkembang pesat ini, tidak bisa kami menghindari keberadaan kurir online. Justru sebaliknya kita harus bersinergi,” jelas dia, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, kehadiran kurir online itu merupakan evolusi dalam dunia kurir yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. Tanpa kurir online, kata dia, Asperindo Jateng justru kesulitan dalam memenuhi kebutuhan jasa logistik yang terus mengalami peningkatan.

“Dalam sehari itu, ada sekitar 400 ribu kiriman paket di Indonesia. Apa kita mampu memenuhi semua itu dengan anggota Asperindo seluruhnya hanya 156 anggota,” jelas dia.

Pihaknya mengaku, justru berencana belajar lebih banyak dari aplikasi itu untuk mengembangkan perusahaan jasa logistik yang lebih mengedepankan digitalisasi. Sebab saat ini, kata dia, masih ada beberapa anggota dari Asperindo yang belum memiliki sistem digital.

“Berbeda dengan jasa transportasi, kita jasa pengiriman harus go digital. Sekarang anggota kita 80 persen sudah go digital, sedangkan 20 persen sedang mempersiapkannya,” kata dia, seperti dilansir tribunjateng.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY