Agustus 2015, Jumlah Peti Kemas di TPKS Melonjak

0
207
ilustrasi pelabuhan (Liputan6.com/Antara)
ilustrasi pelabuhan (Liputan6.com/Antara)

Semarang – (suaracargo.com)

Agustus tahun ini, aktivitas bongkar muat petikemas di PT Pelindo III Terminal Petikemas Semarang (TPKS) mulai menggeliat kembali. Sebelumnya, aktivitas bongkar muat di sana sempat mengalami penurunan traffic petikemas di bulan Juli dikarenakan libur Lebaran. TPKS sendiri meng-handle 53.332 TEU petikemas pada bulan Agustus 2015 ini saja.

Throughput petikemas TPKS bulan Agustus 2015 ini melonjak tajam sebanyak 49,46% dari jumlah total throughput petikemas pada bulan Juli 2015 yang hanya 35.682 TEU.

Kelesuan arus petikemas pada bulan Juli kemarin cenderung dikarenakan situasi perekonomian Indonesia yang sedang menurun dan faktor libur Lebaran. Dibandingkan dengan arus petikemas pada bulan Agustus 2014 yang sebanyak 42.991 TEU, tren Agustus 2015 ini mengalami kenaikan signifikan sebesar 24%.

“Libur Lebaran membawa dampak terhadap kenaikan signifikan ini, karena memang pelaku shipping maupun ekspedisi di Indonesia juga meliburkan diri pada saat libur Lebaran kemarin. Ada juga kecenderungan mengejar capaian akhir tahun 2015 dan kebutuhan logistik di negara tujuan,” kata Erry menyikapi kenaikan tersebut.

“Jadi baik para eksportir dan importir menggenjot logistik kiriman mereka, dan juga karena naiknya awareness terhadap keberadaan TPKS di hinterland Jawa Tengah dan DIY sebagai hasil dari strategi end-user visit dan audiensi dengan para stakeholder yang telah dilakukan TPKS,” tambahnya, sebagaimana dilansir suaramerdeka.com.

Dari sisi operasional, Edy Sulaksono, selaku Manager Operasi TPKS menambahkan bahwa, keberhasilan mendatangkan satu call baru tiap minggunya dari China Shipping berperan besar terhadap lonjakan arus petikemas ekspor/impor di TPKS Agustus 2015 ini.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY