ALFI Berharap Kenaikan Investasi Logistik Tahun Depan

0
488
ilustrasi penumpukan peti kemas

Jakarta – (suaracargo.com)

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia mengharapkan agar Badan Koordinasi Penanaman Modal bisa meningkatkan investasi di sektor logistik tahun depan dengan mempermudah izin membuka usaha.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan pencapaian investasi sektor logistik di triwulan ke II tahun ini mengalami peningkatan meski belum signifikan.

“Investasi di sarana penunjang logistik mengalami kenaikan, hal ini disebabkan juga oleh pembaharuan peralatan demi tercapainya efisiensi,” kata Yukki kepada Bisnis, Selasa (2/8/2016).

Yukki mengatakan, kenaikan ini terjadi karena maraknya pembangunan infrastruktur dan juga pengembangan kawasan industri dimana di dalamnya ada kawasan penunjang logistik.

“Pembangunan gudang juga tetap berjalan hanya saja dari tahun lalu sampai sekarang mengalami perlambatan,” kata Yukki.

Yukki optimistis bahwa pertumbuhan logistik tahun ini diperkirakan meningkat dua kali dari pertumbuhan ekonomi meski saat ini kondisi ekonomi masih melemah. Dia mengatakan, sektor yang mengakami pelemahan bisnis adalah transportasi oil, gas, batu bara, juga sawit yang mana ikut melemah seiring harga komoditi tingkat pasar dunia.

“Wajar jika akhirnya pihak swasta agak menahan diri dan satu lagi investasi di informasi teknologi juga meningkat yang berkaitan dengan logistik,” tuturnya.

banner-csm-atas

Yukki menyatakan dari total 3.612 total anggota ALFI, sekitar 20% adalah pelaku logistik asing. Yukki mengakui saat ini kegiatan logistik di Indonesia masih mengandalkan penyimpanan atau gudang di luar negeri.

Dia menargetkan, dengan peningkatan jumlah gudang di Indonesia, pelaku usaha bisa menyimpan stoknya di dalam negeri. “Itu yang harus kita tangkap dengan terus mempermudah perijinan maupun investasi,” jelasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here