ALFI: Para Kepala Daerah Diminta Sinergikan Visi Logistik

0
476
Ilustrasi cargo (foto:istimewa)

Jakarta – (suaracargo.com)

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia mengimbau para calon kepala daerah yang akan berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah 2017 memiliki visi mensinergikan program logistik pemerintah pusat guna membantu penurunan biaya logistik dan mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi berharap, para calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 adalah orang-orang yang memiliki kompetensi dan pemahaman di sektor logistik dan supply chain.

“Haruslah calon kepala daerah itu memiliki pemahaman soal mata rantai pasok, apa saja kebutuhan di daerahnya, kekurangan juga kelebihan daerahnya agar bisa bersinergi dengan daerah lain mewujudkan visi pemerintah pusat menurunkan biaya logistik,” ungkap Yukki kepada Bisnis, Selasa (11/10).

Yukki mengatakan, permasalahan yang kerap dialami untuk menurunkan biaya logistik adalah sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Padahal sinergi itu diperlukan untuk meningkatkan daya saing Indonesia sebagai negara kepulauan agar tercipta logistik yang efisien.

“Kami berharap perencanaan pembangunan infrastruktur di tingkat nasional itu selalu dieprtimbangkan sisi supply-chainnya, melihat komoditas unggulan di daerah terkait, dan kepala daerahnya dalam hal ini gubernurnya bisa mendorong peningkatan ekspor sesuai keunggulan daerah itu,” tuturnya.

Penulis: Gloria Fransisca Katharina Lawi

Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here