Anggota DPR Desak Kemenhub Selesaikan Pelabuhan Padang Tikar

0
380
Seorang warga melempar jala di laut yang mendangkal di Desa Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (14/8/2015) pagi. Wilayah Kecamatan Batu Ampar merupakan satu diantara wilayah pensuplay hasil laut yang masih memanfaatkan dermaga rumah warga sebagai tempat pelelangan ikan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI

Jakarta – (suaracargo.com)

Anggota Komisi DPR RI, H Syarief Abdullah Alkadrie, mendesak Kementerian Perhubungan RI agar segera menyelesaikan pelabuhan Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kalimantan Barat.

“Pelabuhan Padang Tikar ini terlantar. Ini sudah mendesak dan menjadi kebutuhan. Selain tingginya bongkar muat penumpang, juga bongkar muat barang. Pelabuhan ini akan menjadi penopang ekonomi di daerah pesisir dan ekonomi Kalimantan Barat. Untuk itu kita minta Kemenhub segera menyelesaikannya,” tegas Syarief dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2017).

Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini mengungkapkan dari hasil peninjauannya terdapat kesan pembangunan yang menyedot dana puluhan miliaran rupiah sejak tahun 2015 ini mubazir.

“Harusnya segera dikelarkan agar tidak tergerus air asin dan tidak terkesan ditelantarkan. Segera diselesaikan, lengkapi fasilitas dan personilnya. Kita berharap pelabuhan ini segera berfungsi serta bermanfaat bagi masyarakat,” kata Syarief, seperti dilansir tribunnews.com.

Melihat letak geografis pelabuhan yang dekat dengan akses ke laut Jawa dan laut Cina Selatan, Syarief berharap agar pelabuhan ini bisa menjadi pelabuhan samudera sehingga hasil bumi dari Kalimantan Barat seperti Crude Palm Oil (CPO) bisa langsung diekspor ke negara pengimpor tanpa harus melalui pelabuhan-pelabuhan di provinsi lainnya.

“Ini akan memberikan kontribusi pajak, pertumbuhan sektor ekonomi lainnya dan membuka lapangan kerja. Selain itu akan menekan biaya transportasi dan bea ekonomi tinggi lainnya terkait ekspor impor itu sendiri,” papar Syarief.

Laporan: Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

Editor: M. Nahar

 

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here