Anggota DPRA Desak Dinas Perhubungan Aceh Operasikan Pelabuhan Feri Meulaboh – Simeulue

0
403
Ilustrasi pelabuhan di Aceh (aceh.antaranews.com)

Meulaboh – (suaracargo.com)

Anggota DPRA, Zaenal Abidin, mendesak pihak Dinas Perhubungan Aceh dan Dinas Perhubungan Aceh Barat agar segera mengoperasikan pelabuhan feri rute pelayaran Meulaboh-Simeulue di Samatiga, Aceh Barat.

“Keberadaan pelabuhan yang menghubungkan Aceh Barat dan Simeulue itu, sudah dinantikan sejak pascatsunami,” kata Zaenal kepada Serambi, Selasa (12/4).

Menurut anggota DPRA asal Aceh Barat ini, pelabuhan tersebut selain sebagai sarana transportasi laut juga sebagai pelabuhan pengganti dari pelabuhan yang hancur dihantam tsunami 2004 silam di Aceh Barat. Hancurnya pelabuhan lama menyebabkan warga Simeulue, yang merupakan kabupaten pemekaran dari Aceh Barat, harus beralih ke pelabuhan di Labuhan Haji, Aceh Selatan yang saat ini juga sedang rusak.

Akibatnya, saat ini penumpang atau pengiriman barang dari dan ke Simeulue harus melalui Singkil. Padahal jarak melalui pelabuhan ini dengan berbagai daerah daratan lainnya di Aceh lebih jauh dibanding melalui Pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan dan Pelabuhan di Samatiga, Aceh Barat.

Zaenal menambahkan, pelabuhan feri di Samatiga, Aceh Barat, sudah rampung dibangun dengan APBN dan APBA. Oleh karena itu, dia meminta pihak Dinas Perhubungan Aceh dan Dinas Perhubungan Aceh Barat serta pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk duduk kembali memastikan jadwal operasinalnya.

Kepala UPTD Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Barat, Zulkifli kepada Serambi kemarin menyatakan, sesuai surat ASDP Singkil yang dikirim ke Dishub Aceh Barat bahwa pihak ASDP sudah menjadwalkan uji coba pelabuhan feri itu pada hari ini, (13/4), yakni kapal feri akan merapat serta menentukan rambu laut untuk sandar. Namun, setelah dikonfirmasi ulang, ternyata pihak ASDP kembali menunda jadwal itu.

“Padahal sudah ada jadwal uji coba. Ini juga atas permintaan dari Dirjen Kementerian Perhubungan ke ASDP. Kita berharap pihak ASDP segera mungkin menentukan kembali jadwal ujicoba,” kata Zulkifli. Ia menambahkan secara fisik pelabuhan dengan panjang dermaga 350 meter itu dalam keadaan baik dan sudah dapat difungsikan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here