Antisipasi Kecelakaan Laut Saat Mudik, Basarnas Pos SAR Banten Siapkan Kapal Patroli dan Peralatan Penyelamat

0
424

Cilegon – (suaracargo.com)

Basarnas Pos SAR Banten menyiagakan kapal patroli dan alat-alat keselamatan laut untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan laut di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni. Patroli laut juga bakal rutin dilakukan, terlebih jika kondisi Pelabuhan Merak mulai padat.

“Di Merak ada kendaraan yang kita siagakan, 2 kendaraan kecil dan 1 truk ditambah perahu dan alat-alat keselamatan,” kata Kepala Pos SAR Banten Hairoe Amir saat dikonfirmasi, Jumat (16/6/2017).

Selain berpatroli di laut, lanjut Hairoe, SAR Banten akan melakukan kegiatan patroli di darat, seperti jalan tol yang dilalui para pemudik dan jalur arteri. Hairoe menyebut, karena Pos SAR Banten masih berada di bawah Basarnas Jakarta, kegiatan patroli di darat sampai ke Cikarang, Bekasi.

“Kita dari perintah kantor Jakarta. Untuk perahunya ada kapal KN 224 milik SAR Jakarta. Untuk di daratnya kita patroli di jalan tol Tangerang-Merak sama ke arah Cikarang,” imbuhnya, seperti dilansir detik.com.

Basarnas Banten juga membuka posko di Dermaga VI Pelabuhan Merak. Kapal motor juga nantinya akan sandar di dermaga baru itu. Meski begitu, apabila kondisi dermaga sibuk, kapal patroli akan dipindahkan.

“Kita juga buka posko di situ, ada kapal kita yang sandar di situ buat siaga. Tapi, kalau nanti aktivitas Dermaga VI sibuk, kita sandar di dermaga lain,” jelasnya.

Basarnas Banten juga menyiagakan 30 personel di Pelabuhan Merak. Pada H-4 nanti, personel bantuan akan datang dari Jakarta untuk berpatroli di sekitar Selat Sunda.

“Di Pelabuhan Merak 10 orang, dari Jakarta 20 orang, ada juga yang memang khusus dari Jakarta berpatroli cuma memang tidak setiap hari, mulai H-4 sudah mulai patroli itu 15 personel,” tutupnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here