Antisipasi Letusan Gunung Agung, Kemenhub Berkoordinasi Dengan BNPB dan Instansi Terkait Lainnya

    0
    68

    Jakarta – (suaracargo.com)

    Guna mengantisipasi letusan Gunung Agung di Karangasem, Bali, Kementerian Perhubungan RI telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Senin (25/9/2017).

    ” Kemenhub sudah menyiapkan rencana kalau terjadi letusan, bagaimana Bandara Ngurah Rai melakukan proses evakuasi,” kata Sutopo, seperti dilansir kompas.com.

    Sejumlah bandara di Tanah Air pun telah dipersiapkan untuk mengantisipasi bencana alam di Pulau Dewata tersebut.

    “Ada beberapa bandara besar sudah disiapkan Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Balikpapan dan lain-lain untuk pengalihan rute penerbangan,” kata dia.

    Menurut Sutopo, dari pihak Angkasa Pura I dan otoritas bandara Ngurah Rai akan menggunakan visual capability absorption (VCA) untuk mengetahui seberapa parah sebaran abu vulkanik.

    “Apakah membahayakan pesawat dan bandara tidak. Sehingga close atau open bandara ditentukan VCA. VCA ini dari BMKG dan Australia,” kata dia.

    “Biasanya Australia gunakan standar internasional yang sangat rigid dan sangat sensitif, detail. Semua penerbangan akan ikuti otoritas yang ada,” ujar Sutopo.

    Selain itu, Kemenhub juga menyiapkan dua pelabuhan di Bali, yakni Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai.

    Tak hanya itu, dalam kondisi terburuk, Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan kendaraan untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak menuju pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai.

    “Ada kapal ASDP, kapal ferry dan kapal lain. Kalau perlu kita minta bantuan KRI kapal TNI untuk angkut dan melewati rute penerbangan yang dialihkan. Detailnya oleh Kemenhub,” tutur Sutopo.

    Jumlah warga yang mengungsi sebanyak 48.540 jiwa.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY