Antisipasi Mudik 2015, ASDP Fery Indonesia Benahi Pelabuhan Penyeberangan

0
1034
Ilustrasi Pelabuhan Merak (republika.co.id)
Ilustrasi Pelabuhan Merak (republika.co.id)

Merak – (suaracargo.com)

Pengelola Pelabuhan Merak, dalam hal ini PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak melakukan pembenahan dan perbaikan sejumlah fasilitas di dalam area Pelabuhan sebagai persiapan memasuki bulan Ramadan dan menghadapi arus mudik Lebaran 2015.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi, Selasa (9/6) menjelaskan bahwa sejumlah infrastruktur di dalam areal Pelabuhan Merak sedang diperbaiki. Fasilitas yang diperbaiki tersebut antara lain jalan beton di lingkungan pelabuhan, fasilitas dermaga sehingga kapal bisa bersandar dengan mudah, dan sejumlah fasilitas untuk pejalan kaki.

Mario juga menjelaskan, pelayanan penyeberangan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak masih berjalan normal. Setiap hari rata-rata jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sebanyak 2.500 truk, 300 bus, 1.500 mobil pribadi dan 500 sepeda motor.

“Kendati sudah memasuki liburan sekolah dan sebentar lagi memasuki bulan puasa, tidak ada lonjakan yang berarti,” jelasnya, seperti dilansir beritasatu.com. Selain itu, Mario menjelaskan pula bahwa Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni dilayani 48 kapal. Dengan aktivitas normal terdapat di bawah 70-80 trip per hari. Namun jumlah trip akan meningkat drastis menjelang arus mudik Lebaran yang bisa mencapai lebih 100 trip per hari.

Mario mengatakan, persiapan menjelang bulan puasa dan arus mudik tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Persiapan tersebut antara lain melakukan koordinasi dengan instansi lainnya baik instasi pemerintah pusat maupun instansi di daerah.

Menurutnya, koordinasi sangat diperlukan karena arus mudik harus diamankan berbagai pihak, tidak hanya oleh pengelola pelabuhan. Misalnya, sebelum ke pelabuhan, sebagian besar kendaraan akan melalui jalan tol, sehingga diperlukan koordinasi dengan pengelola jalan tol agar tidak terjadi kemacetan. Demikian pula koordinasi dengan aparat keamanan.

Sementara itu, General Manager (GM) Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga mengungkapkan, untuk persiapan pelayanan arus mudik Lebaran 2015, baik dari kesiapan pelayanan, keamanan, sarana dan prasarana sudah 90 persen. “Dari 48 kapal yang disiagakan, sebanyak 28 hingga 30 kapal dioperasikan untuk melayani penyeberangan setiap harinya. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan,” ujarnya.

Yanus memprediksi kemungkinan adanya kenaikan jumlah penumpang pejalan kaki maupun pada kendaraan para arus mudik Lebaran 2015 ini. Kenaikan itu diperkirakan melebihi kenaikan pada tahun lalu yang mencapai empat persen. “Kami tentunya akan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin untuk pemudik lebaran tahun ini yang hendak menyebrang ke Pulau Sumatera,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here