Antisipasi Peredaran Narkoba, BNN Tingkatkan Pengawasan

    0
    293
    ilustrasi pelabuhan (sumatera.bisnis.com)
    ilustrasi pelabuhan (sumatera.bisnis.com)

    Batam – (suaracargo.com)

    Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri melakukan peningkatan pengawasan pada sejumlah pelabuhan dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Pengawasan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya penyelundupan sabu dengan memanfaatkan banyaknya tenaga kerja Indonesia yang mudik mulai awal Ramadan.

    “Kami akan melakukan peningkatan pengawasan, tentu saja juga bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang memiliki kewenangan,” kata Kabid Berantas BNN Kepri Abdul Hasim Panggabean di Batam, Jumat (12/6).

    Menjelang dan pada awal Ramadan, jumlah TKI yang kembali ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada di Batam biasanya meningkat tajam.

    Sesampainya di Batam, biasanya mereka akan melanjutkan perjalanan ke kampung halaman untuk libur Ramadan dan Lebaran Idul Fitri dengan memanfaatkan angkutan penerbangan.

    Dikhawatirkan, kondisi tersebut akan dimanfaatkan oleh jaringan narkotika internasional untuk menyelundupkan sabu asal Malaysia melalui Batam dan diedarkan pada sejumlah daerah lain.

    Menurut Hasim, sebagaimana sering terungkap selama ini oleh BNN dan Kepolisian, kasus penyelundupan narkoba melalui Batam sering melibatkan TKI yang baru saja pulang dari Malaysia.

    “Selama ini sejumlah penyelundupan juga sudah digagalkan. Tentu dengan peningkatan pengawasan, diharapkan mampu mencegah masuknya narkoba ke Indonesia melalui Batam,” ujarnya, seperti dilansir beritasatu.com.

    Selain itu, BNN bekerjasama dengan Polda Kepri juga akan melakukan tes urin pada pilot, pramugari, nahkoda dan awak kapal menjelang Lebaran Idul Fitri untuk memastikan keselamatan penumpang mudik.

    “Tahun lalu tes serupa sudah kami lakukan. Tahun ini akan dilaksanakan lagi memastikan pilot, nahkoda dan krunya tidak menjadi pengguna narkoba yang bisa berdampak pada ancaman keselamatan penumpang,” kata Hasim.

    Selain di Batam, kata dia, tes juga akan dilaksanakan di pelabuhan dan bandara lain di Provinsi Kepri.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here