Aplikasi IBS Mulai Diterapkan Pada Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Gresik

0
469
Pelabuhan Gresik (tempo.co)

Kota – (suaracargo.com)

Aplikasi Integrated Billing System atau IBS mulai diterapkan untuk permohonan sandar kapal di Pelindo III Cabang Pelabuhan Gresik. Aplikasi berbasis teknologi informasi IBS ini meliputi, E-Regristration, E-Booking, E-Payment, E-Billing, E-Care dan E-Tracking.

Manajer SDM, Umum dan Kesisteman PT Pelindo III Cabang Gresik, Boedhi Soetjahjo memaparkan, Kementerian BUMN mewajibkan badan usaha pelabuhan menerapkan single billing yakni IBS. “Sistem IBS diharapkan mampu mempercepat pelayanan jasa kepelabuhnan. Ini sekaligus bisa mengurangi tatap muka antara staf dengan pengguna jasa,” ujarnya.

Dikatakan, untuk memudahkan bertransaksi pada pembiayaan serta pembayaran, pihaknya bekerjasama dengan beberapa Bank. “Sejauh ini kami belum menemukan kendala dalam penerapan aplikasi. Sebab, aplikasi ini cukup kompatibel dengan semua gadget,” terangnya, seperti dilansir jawapos.com.

Selain pelabuhan Gresik, beberapa pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III juga telah menerapkan sistem IBS tersebut. Pelabuhan-pelabuhan tersebut antara lain Tanjung Perak, Tanjung Emas, Banjarmasin, Celukan Bawang. Sistem IBS di Tanjung Perak sudah diterapkan sejak bulan November tahun 2016. Pelindo III menargetkan aplikasi IBS diterapkan di seluruh pelabuhannya pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Direktorat Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Pelindo III, Fahmi Akbar Saputra menjelaskan, beberapa cabang menemukan tantangan dalam penerapan sistem IBS. Di antaranya effort lebih untuk mengedukasi pengguna jasa. Kemudian sulitnya koneksi jaringan di pelabuhan kecil yang jauh dari kota besar.

“Memang ada pengguna jasa yang belum pernah menggunakan komputer. Bagi pengguna jasa yang baru menggunakan aplikasi tersebut, mereka merasa sedikit direpotkan sebab harus memasukkan data yang mereka butuhkan sendiri ke dalam sistem IBS. Namun kami siap membantu kapanpun,” jelasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here