Aroma Pungli Terasa di Banyak Pelabuhan di Indonesia

0
419
ilustrasi penanganan peti kemas (suara.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi mensinyalir adanya indikasi praktik pungutan liar alis pungli di beberapa pelabuhan di Indonesia. Pernyataan menteri Budi tersebut menyusul munculnya penangkapan terhadap tiga oknum petugas pelabuhan di Pelabuhan Belawan, Medan, baru-baru ini.

“Kita ingin menghilangkan tukang kutip (pungli) di pelabuhan,” kata Budi di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

posko-garut

Menurut Budi, langkah kepolisian menangkap tiga oknum pungli di Pelabuhan Belawan patut diapresiasi. Hasil pertemuan dengan Pelindo I hingga IV ke depan juga akan memperkuat koodinasi dengan Polda setempat dalam memberantas oknum nakal di pelabuhan.
“Ini bukan hanya terjadi di Medan, tetapi indikasi ada di Samarinda, Jaya Pura, Maumere, dan Kijang (Kepri),” tutur Budi, seperti dilansir tribunnews.com.

Budi juga mengingatkan kepada petugas atau pegawai Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk tidak menjadi bagian dalam oknum yang melakukan praktik menghambat dwelling time.

“Kita ingin memperbaiki indek logistik yang turun, saya sebagai Menteri Perhubungan mengingatkan KSOP melakukan kegiatan lebih governance,” ucapnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here