Arus Balik Liburan Panjang Terpantau Ramai Lancar

    0
    361
    ilustrasi penyeberangan Merak (republka.co.id)

    Merak – (suaracargo.com)

    Arus balik liburan Paskah baik penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi maupun berjalan kaki di Pelabuhan Merak, Banten, terpantau lancar. Dari pantauan di lapangan pada hari Minggu (27/3/2016), arus penumpang dan kendaraan di enam dermaga Pelabuhan Merak berjalan lancar dan tidak sampai terjadi penumpukan. Arus lalu lintas lancar sehingga kendaraan yang tiba di Pelabuhan Merak bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Begitu pula sebaliknya, penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi yang bersandar di Pelabuhan Merak ramai dan lancar.

    Arus balik penumpang dan kendaraan pribadi yang merayakan liburan panjang Paskah 2016 di Pulau Sumatera kini mereka kembali ke Jakarta. Pasalnya, pada Senin 28 Maret, mereka sudah harus kembali bekerja secara normal sehingga terjadi lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan. Namun, meski kepadatan kendaraan terjadi, arus lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak lancar tanpa antrean. “Kami bekerja keras untuk kelancaran arus lalu lintas sehingga tidak terjadi antrean kendaraan,” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.

    Selama ini, kata dia, ASDP Merak mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan pulang pergi sekitar 99 trip. Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa antrean kendaraan. “Seluruh penumpang maupun kendaraan yang tiba di pelabuhan bisa langsung diseberangkan menuju Pulau Sumatera,” katanya, seperti dilansir okezone.com.

    Kepala Devisi (Kadiv) Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS) Indah Permanasari mengatakan bahwa arus balik liburan Paskah berjalan lancar meskipun terjadi lonjakan jumlah kendaraan. Diperkirakan, kendaraan arus balik Tol Tangerang-Merak terjadi kenaikan 11 persen atau 118.000 unit dibandingkan hari biasa yang berkisar 114.000 unit. Peningkatan kendaraan itu berdasarkan trafik yang terjadi pada setiap liburan panjang sebelumnya. Kebanyakan kendaraan arus balik liburan Paskah itu setelah mereka berpergian dari Pulau Sumatera maupun objek wisata yang ada di Provinsi Banten. “Kami menjamin meskipun terjadi peningkatan, arus kendaraan lancar,” katanya.

    Ia mengatakan bahwa pihaknya kini mengoptimalkan pelayanan tol untuk menghindari penumpukan maupun kemacetan kendaraan. Pengoptimalan pelayanan itu, di antaranya memaksimalkan pengoperasian gardu di gerbang-gerbang tol. Selain itu, juga pembagian kartu tanda masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan. “Kami juga memaksimalkan petugas di lapangan untuk pengaturan antrean kendaraan dan pengamanan di ujung antrean,” katanya.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here