Arus Balik Pada H+6 Ramai Lancar di Pelabuhan Merak

0
181
Suasana pelabuhan Merak. (Antara/Asep Fathulrahman)

Merak – (suaracargo.com)

Pada arus balik Lebaran 2016 H+6 yang terjadi pada Selasa (12/7/2016), kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar. Tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki di pelabuhan penyeberangan yang terletak di Cilegon, Banten tersebut.

Berdasarkan pantauan, kondisi ribuan kendaraan dan penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang turun melalui Pelabuhan Merak, ramai lancar.

Para pemudik arus balik yang menggunakan kendaraan dan penumpang pejalan kaki bisa langsung menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, juga berjalan normal dan lancar. Arus balik penumpang dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak ramai.

Kebanyakan para penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi tujuannya ke Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Meskipun puncak arus balik terjadi pada H+4 atau Minggu (10/7/2016), tetapi pemudik masih mengalir menuju Pulau Jawa dari Sumatera.

Mereka pemudik arus balik belum semua kembali ke daerah asalnya masing-masing, terlebih liburan sekolah dan masuk perguruan tinggi sampai 18 Juli 2016.

“Kami memprediksikan puncak arus balik pada Sabtu (16/7/2016), karena Senin (18/7/2016) sudah masuk sekolah,” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.
Dipastikan, Presiden Lantik Tito Jadi Kapolri Besok Siang

Saat ini, petugas pengatur lalu lintas bekerja keras untuk kelancaran kendaraan di lima dermaga, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan panjang.

Seluruh kendaraan maupun penumpang yang turun di Pelabuhan Merak kembali melanjutkan perjalanannya.

“Kami mengimbau pemudik arus balik tidak beristirahat di Merak guna memperlancar arus lalu lintas,” katanya, seperti dilansir suara.com.

Selama ini, kata dia, ASDP Merak mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan pulang pergi sekitar 99 trip. Pada saat ini, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa antrean kendaraan.

Kepala Devisi (Kadiv) Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS) Indah Permanasari mengatakan arus balik lebaran berjalan lancar meskipun terjadi lonjakan jumlah kendaraan.

“Kami yakin arus balik itu tampak ramai lancar tanpa kemacetan seperti arus mudik,” katanya.

Berdasarkan Data Pelabuhan ASDP Merak, jumlah total pemudik arus balik mencapai 52 persen dari total 945.233 orang. “Sampai saat ini pemudik arus balik sekitar 522.109 orang dan terus berdatangan hingga H+9 Lebaran,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY