Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Berharap Agar Swasta Bisa Terlibat Dalam Pengelolaan Pelabuhan

0
409
truk khusus Pelabuhan Teluk Lamong (maritimedia.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) berharap bisa ikut terlibat dalam pemenuhan angkutan barang di pelabuhan swasta yang sekarang akan berekspansi dengan melakukan konsesi.

Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Logistik DPP Aptrindo Kyatmaja Lookman menuturkan, selama ini pelabuhan swasta enggan memiliki terminal khusus demi kepentingan sendiri dan juga enggan mengelola trucking untuk melayani kebutuhan transportasi.

Dengan terbukanya konsesi untuk melayani umum, sambungnya, dia meyakini kebutuhan truk semakin banyak terutama di pelabuhan curah. Dia menjelaskan pelabuhan curah harus memiliki truk dengan spesifikasi khusus seperti dump truck.

“Semakin berkembangnya pelabuhan swasta yang kegunaannya akan semakin meluas bukan hanya untuk diri sendiri tetapi nanti akan dipergunakan untuk khalayak ramai, semakin banyak orang yang menggunakan disana, maka akan diperlukan mitra-mitra tambahan untuk trucking,” jelasnya, di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Ketua DPD Aptrindo Jawa Timur ini juga mengatakan kebutuhan jenis truk tipe lain seperti dump truck, truk tangki dan lain-lain lebih banyak singgah di pelabuhan swasta. Menurutnya, angkutan barang di pelabuhan tidak sekadar truk kontainer dengan ukuran 20 kaki atau 40 kaki dengan model trailer. Untuk mengangkut kedelai, jagung, sembako, dan sebagainya yang berasal dari negara lain yang masuk di pelabuhan diperlukan dump truck.

“Padahal di pelabuhan curah contohnya kedelai dari Amerika datang ke Indonesia. itu bukan dalam bentuk kontainer, dalam bentuk curah. Itu akan memerlukan truk dalam bentuk dump truck,” ucapnya, sebagaimana dilansir bisnis.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here