Atasi Maraknya Jasa Logisitk Ilegal, Asperindo Minta Pemerintah Wajibkan Pelaku Usaha Logistik Masuk Asosiasi

0
370
ilustrasi jasa pengiriman barang (maritimedia.com)
ilustrasi jasa pengiriman barang (maritimedia.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) meminta pemerintah membuat peraturan yang mewajibkan perusahaan jasa pengiriman dan logistik masuk ke dalam asosiasi. Permintaan itu diajukan karena makin maraknya perusahaan jasa logistik ilegal di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Asperindo, Budi Paryanto, mengatakan aturan itu dibuat agar asosiasi dan pemerintah dapat mengawasi, serta memiliki data akurat mengenai jumlah pelaku usaha di sektor tersebut.

Dari data tersebut, tuturnya, potensi dan permasalahan di bisnis itu bisa dilihat untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. “Seperti sektor forwarder yang mewajibkan operator masuk ke asosiasi seperti ALFI,” tuturnya, sebagaimana dilansir maritimedia.com

Budi juga mengatakan bahwa perusahaan jasa logistik ilegal sangat marak di Indonesia dan berhasil mencuri pangsa pasar sekitar 60%. “Akibatnya, pendapatan jasa pengiriman dan logistik legal berkurang hingga 30% per tahunnya,” tuturnya.

Menurutnya, selisih tarif antara jasa pengiriman dan logistik ilegal dan legal bisa mencapai 25%, sehingga sangat berpengaruh terhadap target pencapaian pendapatan pertahun perusahaan legal yang bergerak di jasa ini. “Praktik ini berdampak terhadap persaingan menjadi tidak sehat khususnya di tingkat harga yang ditawarkan kepada konsumen,” katanya.

Dia juga mengatakan, aspek legalitas usaha jasa pengiriman dan logistik sangat penting, terutama bagi pengguna jasa maupun bagi pelaku usaha jasa ini. Untuk itu, pemerintah terkait khususnya pemerintah daerah, diharapkan dapat menertibkan dan menindak tegas perusahaan tak berijin yang bergerak di jasa pengiriman dan logistik tersebut sesuai dengan wilayah usaha.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here