Aturan Baru Kirim Barang Keluar Batam: Lampirkan NPWP dan Nota Belanja

0
236
ILustrasi. Kepala bidang pembinaan kepatuhan dan layanan informasi, Basuki Suryanto (kiri) didampingi Kepala bidang penindakan dan penyelidikan, Kunto Prasti memberikan keterangan kepada pewarta terkait kinerja KPU Bea Cukai Tipe B Batam tahun 2014, Rabu (28/1/2015) (Tribunnews Batam/ Argiano Da Nugroho)

Batam – (suaracargo.com)

Bea dan Cukai (BC) semakin ketat dan selektif terkait pengiriman barang keluar Batam. Untuk diketahui, dalam hal ini Batam masuk dalam kawasan Khusus.

Oleh karena itu, barang-barang yang hendak keluar dari Batam harus difilter dengan sangat teliti.

Namun, kebijakan yang dilakukan oleh pihak BC Batam dipastikan akan menambah lesu sektor ekonomi di kota Batam. Karena, kebanyakan barang-barang yang di jual secara online di Indonesia juga berasal dari reseller yang ada di kota Batam.

Karyawan JNE Batam yang ada di Tiban membenarkan hal tersebut. Menurutnya, untuk mengirim tas, pakaian, HP sepatu dan beberapa produk baru harus disertakan nota dari toko tempat pembelian. Selain itu, si pengirim juga harus melampirkan fotocopy NPWP nya.

“Kalau tidak pakai itu tidak bisa. Sekarang memang diperketat untuk pengiriman barang,” sebutnya, Jumat (4/8/2017) siang, seperti dilansir tribunnews.com.

Namun, ia tidak menjelaskan apa maksud dan tujuan diberlakukannya hal ini. Menurutnya, bisa tanyakan langsung kepada pembuat kebijakan sebeb dalam hal ini, mereka hanya menjalankan perintah saja.

Sementara itu Humas BC Batam Raden Evy Suhartantio saat dihubungi awak media untuk konfirmasi belum ada tanggapan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY