Bakamla Awasi Kapal Pengangkut Barang di Perairan Indonesia

0
141

 

Jakarta – (suaracargo.com)

Badan Keamanan Laut (Bakamla) semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas kapal pengangkut barang yang banyak memasuki perairan Indonesia. Saat ini, barang-barang ilegal yang diselundupkan ke Indonesia melalui kapal pengangkut barang, baik itu kapal asing maupun kapal dalam negeri semakin banyak.

Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla RI, Laksma Maritim Dicky R Munaf, mengakui, pihaknya masih kesulitan memantau dan mengawasi barang apa saja yang dibawa kapal laut.

“Kapal pengangkut barang yang masih harus menjadi perhatian. Kami sulit memantau barang apa saja yang dibawa melalui kapal laut,” kata Dicky, di Jakarta, Selasa (4/8).

Bakamla mensinyalir, lanjut dia, kapal laut yang membawa barang selundupan ilegal akan melakukan bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan tikus. Bahkan ada pula yang melakukan aktivitas bongkar muat di tengah lautan.

Oleh sebab itu, kata dia, Bakamla juga memprioritaskan pengawasan di sejumlah pelabuhan tikus di seputar Pulau Kalimantan dan Sulawesi.?

“Paling banyak di laut Sulawesi dengan Selat Makassar. Jalur tersebut, mengarah langsung ke sebelah utara. Dicurigai membawa barang-barang ilegal, sehingga berpengaruh pada pemasukan pajak barang impor,” tambahnya, seperti dilansir beritasatu.com

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY