Bangkai Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera Bisa Ganggu Pelayaran Kapal di Teluk Lamong

    0
    202
    ilustrasi bangkai kapal (maritimedia.com)

    Surabaya – (suaracargo.com)

    Meskipun tidak menggangu kegiatan bongkar muat kapal di Terminal Teluk Lamong, namun bangkai Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera bisa menganggu arus lalu lintas pelayaran di Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur.

    Humas Terminal Teluk Lamong Reka Yusmara Mardiputra mengatakan, titik tenggelamnya kapal berada pada wilayah atau arus padat perairan Pelabuhan Teluk Lamong. Otomatis, bangkai kapal itu akan mengganggu pelayaran.

    Kini, kapal – kapal yang akan masuk dan keluar dari Pelabuhan Tanjung Perak nyaris tak bisa melalui teluk itu karena Bangkai KM Wihan menyebabkan kondisi perairan bertambah dangkal.

    Kapal-kapal lain bisa tenggelam jika sampai menabrak bagian dari bangkai kapal itu. “Walaupun awalnya terbilang dalam, yaitu sekitar 16 meter, tapi karena ada kapal itu, maka menjadi dangkal,” kata Reka, Selasa (17/11).

    Reka juga menuturkan, lokasi tempat tenggelamnya KM Wihan merupakan jalur keluar masuknya kapal. Jalur ini dikenal sebagai jalur terpadat dan termasuk sebagai salah satu jalur pelayaran internasional.

    Setiap minggu Pelabuhan Teluk Lamong mempunyai jadwal pelayaran dan sandar dari kapal internasional, namun Reka belum bisa memastikan adanya perubahan jadwal setelah musibah ini. “Kita harapkan ada evakuasi secepatnya sehingga musibah ini tidak menganggu, dan tidak sampai merubah jadwal pelayaran atau sandar dari kapal-kapal internasional,” kata Reka, seperti dilansir maritimedia.com.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY