Bangun Jalan Trans Maluku, Pemerintah Kembangkan Infrastruktur di Indonesia Bagian Timur

0
652
Foto: Agung Pambudhy / detik.com

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan infrastruktur penunjang di wilayah Indonesia Timur. Pengembangan tersebut di antaranya pembangunan infrastruktur Jalan Trans Maluku. Pengembangan Jalan Trans Maluku diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat dari utara hingga selatan Maluku.

Dengan adanya Jalan Trans Maluku, diharapkan nantinya akses darat di Kepulauan Maluku dapat terhubung dengan baik.

“Pengembangan konektivitas itu akan kita bikin sejenis Trans Maluku yang mengkoneksi darat dan laut,” jelas Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil pada perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016 di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Minggu (17/4/2016).

Nantinya, akses jalan dari Ambon Menuji Saumlaki di Selatan akan terintegrasi dengan akses darat dan penyeberangan laut. Hal ini dilakukan guna menekan mahalnya biaya logistik yang disebabkan minimnya akses.

Saat ini, program pembangunan Jalan Trans Maluku sedang dalam tahap perencanaan dan penganggaran. Biaya pembangunan jalur di Timur Indonesia ini nantinya akan menggunakan dana APBN dan APBD.

“Di Ambon ruas jalan, kemudian begitu sampai selat pelabuhan penyeberangan, menyeberang ke pulau terdekat. Kemudian jalan lagi, nanti begitu ketemu ujungnya bikin lagi penyeberangan terus sampai ke Saumlaki. Itu sudah anggarkan perencanaan dan sudah mulai dianggarkan,” ujar Sofyan.

Setelah proyek pembangunan Jalan Trans Maluku selesai, seluruh aktivitas transportasi darat dan laut di Maluku dapat terhubung dengan baik. Ujung-ujungnya ialah ongkos transportasi bisa ditekan sehingga harga barang bisa terjangkau oleh konsumen dan masyarakat.

“Terus yang kedua, kita bangun konektivitas. Jadi jalan tadi, pelabuhan penyeberangan, feri terintegrasi,” pungkas Sofyan, seperti dilansir detik.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here