Bangun Pelabuhan di Perbatasan Malaysia, Pelindo IV Siapkan Anggaran 100 Milyar

0
369
ilustrasi pelabuhan (koran-sindo.com)
ilustrasi pelabuhan (koran-sindo.com)

Nunukan – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV memastikan akan membangun pelabuhan internasional di wilayah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia.

Manajer Operasional PT Pelindo IV Kabupaten Nunukan, Marihot Sigala mengatakan, perseroan telah menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk melakukan pembangunan tersebut. Rencananya, pembangunan pelabuhan itu sendiri akan dilaksanakan tahun ini. Seluruh anggaran pembangunan akan ditanggung oleh perseroan.

“Selama ini kami informasikan (anggaran untuk pembangunan pelabuhan) Rp 50 miliar, ternyata mencapai hampir Rp 100 miliar. Kami sudah anggarkan itu,” ujarnya Jum’at (4/9/2015).

Proses pembangunan pelabuhan baru tersebut, menurut Marihot, tinggal menunggu Rencana Induk Pelabuhan. Persetujuan itu sendiri merupakan wewenang Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan-KSOP Nunukan.

“Rencana Induk Pelabuhan ini kan menyatu dengan RTRW Nunukan untuk pengembangan jangka panjang. Ini terkoneksi dengan pergudangan dan jalan raya. Kami sudah konsultasi dengan Bappeda, Dishub dan Dinas Pekerjaan Umum untuk sinkronisasi zona pergudangan, zona terminal penumpang dan zona angkutan umum,” imbuh Marihot, seperti dilansir kompas.com.

Pelindo Nunukan sendiri saat ini sudah mengosongkan lahan terminal yang sebelumnya ditempati oleh pedagang. Luas lahan yang disediakan untuk pembanguan pelabuhan adalah 2,5 hektar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here