Bangun Pelabuhan di Sorong, Pemerintah Harus Perhatikan Karakteristik Daerah Tersebut

0
181
Sorong Jadi Kawasan Industri, Akan Dibangun Pelabuhan (Ilustrasi: Okezone)
Sorong Jadi Kawasan Industri, Akan Dibangun Pelabuhan (Ilustrasi: Okezone)

Sorong – (suaracargo.com)

Rencana pemerintah untuk membangun pelabuhan di Sorong, Jayapura, sepertinya harus memperhatikan pola yang berbeda dari pelabuhan sebelumnya. Pasalnya, ada sedikit perbedaan antara membangun pelabuhan di daerah timur tersebut dengan daerah-daerah lainnya.

“Di Sorong, mereka harus mencari pola lain. Karena Sorong, kalau kita bikin pelabuhan di sana, bisa-bisa kapalnya ke Sorong mau pulang lagi kosong, kan rugi,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo sebagaimana dilansir okezone.com. Menko Indroyono mengatakan hal itu saat ditemui di Hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Indroyono juga mengatakan, Sorong telah disepakati menjadi kawasan industri. Hal ini sesuai rencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bahwasanya Sorong dijadikan kawasan industri.

“Digabungkan di sana, kawasan industri dengan pembangunan pelabuhan, pembangunan pembangkit listrik, dengan pembangunan galangan kapal,” kata dia.

Selain itu, Indroyono juga menambahkan di sana ada daerah wisata Raja Ampat. industri perikanan, termasuk politeknik, juga ada di sana. Dengan penetapan Sorong sebagai kawasan industri, daerah itu harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Ibaratnya kalau tol laut yang akan ada di Sorong nanti, kalau kapal ke sana mengangkut semen, pulangnya harus ada isinya. Kalau enggak kan sayang ya,” tutup dia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY