Bangun Pelabuhan Ende, Pemerintah Siapkan Anggaran Dana Rp 30 Miliar

0
380

Kupang – (suaracargo.com)

Pemerintah pusat segera mengalokasikan dana Rp 30 miliar untuk memperpanjang Pelabuhan Ipi di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Pembangunan ini rencananya dipersiapkan untuk pelabuhan peti kemas.

“Pelabuhan yang ada masih butuh diperpanjang 30 meter lagi dengan dana Rp 30 miliar,” kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis kepada Tempo, Selasa, 25 Juli 2017.

Pelabuhan ini, menurut dia, telah dibangun pada 2015, tapi belum memenuhi standar sebagai pelabuhan peti kemas. Pelabuhan di Kota Pancasila ini punya potensi yang cukup besar, sehingga bisa disandarkan kapal-kapal Pelni dan peti kemas.

“Saya sudah hubungi pemerintah pusat dan mereka menyatakan kesiapan untuk membantu perpanjangan pelabuhan ini,” katanya.

Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur Anwar Pua Geno berharap agar upaya yang dilakukan Dewan segera terealisasi pada perubahan anggaran 2017 ini. Sehingga, Pelabuhan Ipi segera dimanfaatkan untuk pelayaran dan peti kemas. “Kami mendukung dan berharap segera terealisasi,” katanya.

Wakil Bupati Ende Djafar Ahmad mengatakan pemerintah Ende berfokus pada pembangunan Pelabuhan Ipi yang dilakukan Dinas Perhubungan melalui Pelindo III. Jika Pelabuhan Ipi diperpanjang, bisa dimanfaatkan untuk kapal-kapal berukuran besar yang masuk ke daerah ini.

“Melihat posisi palung laut, pelabuhan ini bisa disandarkan kapal Pelni dan kapal pengangkut kontainer,” ujarnya, seperti dilansir tempo.co.

Penulis: Yohanes SEO
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here