Bangun Pelabuhan Lampung-Surabaya, Pemerintah Alokasikan Rp 11,3 Triliun

0
383

 

ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan pemerintah akan mengalokasikan Rp 11,3 triliun untuk pembangunan jalur transportasi laut Lampung-Surabaya tahun depan.

Menurut Deputi Sarana dan Infrastruktur Bappenas, Dedi S Priana, yang akan dibangun tahap awal pembangunan tersebut adalah konektivitas pelabuhan Marunda (Jakarta) dengan pelabuhan Kendal (Jawa Tengah). Pembangunan akan dilanjutkan dengan konektivitas Jakarta dengan Surabaya dan konektivitas pelabuhan Panjang (Lampung) dengan Surabaya.

“Ini dalam rangka menekan biaya logistik hingga 4,3 persen menjadi 19,2 persen dalam waktu lima tahun ke depan, selain mengurai kemacetan dan mengurangi perusakan jalur pantai utara (pantura),” katanya di Jakarta, Jumat (12/12), sebagimana dilansir beritasatu.com.

Dedi juga mengatakan pemerintah berencana memberikan insentif berupa subsidi bahan bakar kapal agar proyek senilai total Rp 70,69 triliun tersebut dapat cepat terealisasi. “Sedang kami bahas mekanismenya dengan Kementerian Keuangan,” ujarnya.

Rencana pembangunan jalur transportasi laut Lampung-Surabaya merupakan bagian dari rancangan pembangunan jalan tol Indonesia. Sebelumnya Bappenas mengatakan total investasi pembangunan jalan tol Indonesia mencapai Rp 699 triliun, terdiri dari Rp 243,6 triliun pengembangan 24 pelabuhan nasional, Rp 198 triliun pembangunan 1.481 pelabuhan non komersial dan Rp 101,7 triliun untuk pembuatan kapal.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here