Bangun Pelabuhan Patimban, Pusat Alokasikan Dana 65 M

0
431
ilustrasi pembangunan dermaga (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi pembangunan dermaga (pikiran-rakyat.com)

Subang – (suaracargo.com_

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan tahun 2015 telah mengalokasikan lagi anggaran sebesar Rp 65 milliar untuk pembuatan dermaga sebagai pendukung pelabuhan Patimban Subang. Pembangunan pelabuhan itu sendiri hingga saat ini masih berlangsung.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurakhman, saat ditemui seusai rapat mingguan di kantor Pemkab Subang, Senin (29/12/2014). “Informasi terkini yang kami peroleh pembangunan dermaga terus berjalan. Malahan tahun 2015 sudah dipastikan kementrian perhubungan mengucur dana lagi, sumbernya dari APBN 2015 sebesar Rp 65 miliar,” katanya, sebagaimana dilansir pikiran-rakyat.com

Abdurakhman juga mengatakan, saat ini proses pembangunan dermaga pelabuhan Patimban masih berjalan. Di lokasi sudah terbangun dermaga sepanjang dua kilometer, dan lebarnya lebarnya delapan meter.

Dijelaskan pula oleh Abdurrakhman, pembangunan dermaga itu patokannya hingga ke bagian permukaan air laut yang warna biru. Warna itu sebagai tanda perairannya sudah dalam dan bisa digunakan untuk bersandar kapal laut ukuran besar.

“Jadi nanti di bagian ujungnya, bangunan dermaganya akan menyilang, kalau sudah 100 persen selesai dermaga jadinya berbentuk T. Di bentangan ujungnya itu, kapal besar bisa bersandar,” katanya.

Abdurrakhman memang mengakui bahwa dirinya belum mengatahui kepastian waktu beroperasinya pelabuhan Patimban. Namun, dia memastikan bahwa sebelum pelabuhan beroperasi, Pemkab Subang telah menyelesaikan semua kewajiban. Utamanya menyangkut pengadaan lahan bagi akses jalan masuk, termasuk lahan bagi gedung perkantoran. Selain itu, Pemkab Subang juga telah menyiapkan berbagai alternatif bila nantinya pelabuhan Patimban difungsikan menjadi pelabuhan pendukung Tanjung Priok.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang, Besta Besuki, mengungkapkan jalan untuk akses masuk dan keluar pelabuhan akan membentang hingga terhubung ke jalan negara pantura Subang, malahan pembebasan lahannya sudah hampir tuntas. “Panjang jalannya sekitar 10 kilometer, lebar 20 meter. Sebagian besar sudah masuk tahap perataan dan pengerasan,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here