Banjir Rob Landa Sejumlah Wilayah Pesisir Pantai Utara Jakarta

    0
    412
    Sepanjang jalan di Muara Angke tergenang air akibat banjir rob--Metrotvnews.com/Whisnu Mardiansyah

    Jakarta – (suaracargo.com)

    Banjir rob melanda sejumlah wilayah pesisir pantai utara Jakarta. Salah satu wilayah yang terlanda bencana tersebut adalah wilayah Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

    Metrotvnews.com mencoba menelusuri wilayah pesisir Muara Angke. Di sepanjang jalan masih tampak terlihat genangan air akibat banjir rob. Genangan air diprediksi semakin meningkat ketika malam hari.

    Menurut Cahrodi, warga Muara Angke, banjir rob tahun ini merupakan yang terparah. Tahun-tahun sebelumnya, banjir rob hanya setinggi 200 sentimeter di pintu air Muara Angke dan tak sampai melimpah ke jalan.

    “Tahun ini ketinggian air mencapai 247 cm,” kata Cahrodi kepada Metrotvnews.com, di Kawasan Empang Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (8/6/2016).

    Promo CSMCARGO Ramadhan

    Banjir rob tahun ini bahkan sampai menjebol tembok penahan banjir. Tembok setinggi dua meter itu ambruk selebar 50 meter. Pantauan Metrotvnews.com, tanggul yang jebol itu hanya ditahan dengan gundukan pasir dan pancang bambu sebagai pembatas.

    Tanggul jebol terjadi pada Sabtu malam 4 Juni pukul 23.30 WIB. Ketinggian air pada saat itu mencapai satu meter. Namun, tidak ada warga yang mengungsi, meski air memasuki pemukiman warga.

    Rembesan air dari tanggul yang jebol tampak membanjiri jalanan. Menurut Cahrodi, keadaan makin parah jika menjelang malam hari mulai pukul 19.00 WIB. Air bisa mencapai semata kaki.

    Pria yang sudah 25 tahun tinggal di Muara Angke itu berharap agar tanggul yang jebol cepat diperbaiki. Karena, banjir rob kerap mengganggu aktifitas warga.

    “Mohon cepat diperbaiki, mohon diperhatikan masalah tanggul. Semakin tahun banjir rob semakin parah,” pungkasnya.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here