Banyak Perusahaan Logistik Alihkan Pengiriman Barang ke Pelabuhan di Luar Jambi

0
383
Suasana di Pelabuhan Talang Duku, Selasa (21/7). (Tribun Jambi / Tommy Kurniawan)

Jambi – (suaracargo.com)

Provinsi Jambi memiliki berbagai potensi penghasil yang cukup membanggakan mulai dari sektor pertanian, migas, batu bara dan masih lainnya. Namun sayangnya, hasil dari pengelolaan kekayaan tersebut justru malah dinikmati beberapa provinsi tetangga, khususnya dalam hal pengiriman sejumlah barang.

Tak sedikit perusahaan besar memilih pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi, selain karena jarak tempuhnya cukup dekat, mereka juga ingin menghemat biaya pengeluaran mereka.

Kepala Balai Karantina Pertanian Provinsi Jambi Guntur mengatakan dalam beberapa tahun terakhir ini beberapa komoditi diekspor lebih banyak melalui pelabuhan tetangga seperti Palembang, Teluk Bayung maupun Lampung dari pada di Pelabuhan Talang Duku Jambi.

“Seperti sarang burung walet, itu rata-rata 50 ton tiap tahun. Kalau dihitung satu ton saja, Rp 90 juta ya dikalikan saja,” katanya.
Ia juga mengatakan produk turunan seperti sawit kini hampir 100 persen perusahaan lebih memilih pelabuhan panjang dari pada pelabuhan Talang Duku.

“Jambi sudah kehilangan 1.701 ribu dengan tracking hingga 6.800 mobil ke pelabuhan tetangga. Kenapa Pelabuhan di Jambi khususnya pihak Pelindo tidak berusaha agar ini tidak kebocoran lagi,” katanya, seperti dilansir tribunjambi.com.

Tak hanya itu, untuk sektor peternakan juga, lebih dari seribu ekor sapi dan kambing dikirim ke luar Provinsi Jambi.

“Apa lagi pohon pinang banyak sekali di ekspor melalui Palembang. Karena krosceknya bagus disana,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here