Banyak Pihak Sarankan Pemda Ambil Alih Pelabuhan Muntok

0
367
Kondisi pelabuhan Muntok, yang sudah lama mengalami pendangkalan serus, namun belum ada upaya untuk dilakukan pengerukan, Rabu (6/5/2015).  (bangkapos/Riyadi)
Kondisi pelabuhan Muntok, yang sudah lama mengalami pendangkalan serus, namun belum ada upaya untuk dilakukan pengerukan, Rabu (6/5/2015).
(bangkapos/Riyadi)

Bangka – (suaracargo.com)

Banyak pihak menyarankan agar Pemda Bangka Barat mengambil alih pengelolaan Pelabuhan Muntok. Pelabuhan yang terletak di daerah Tanjung Limbung dan berada disekitar kawasan Terminal Muntok tersebut kurang terawat. Permasalahan yang ada di antaranya adalah pendangkalan yang hanya tinggal 1-2 meter dari permukaan dermaga.

Segenap elemen masyarakat setempat mulai dari Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dapil Babar, Deddi Wijaya, kalangan LSM dan pegiat UKM, pariwisata serta Gerakan Menuju Muntok Berjaya (Gertak Memuja) juga menyoroti dan memberikan masukan.

Ketua Gertak Memuja Abang Faizal mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima informasi bahwa pihak pengelola Pelabuhan Muntok (PT Pelindo), tidak akan membangun pelabuhan itu hingga 20 tahun kedepan.

“Pendangkalan kolam dan alur pelabuhan saja, sampai sekarang nggak tertangani. Kondisi itu sangat menghambat keluar masuknya kapal, tidak sedikit kapal nelayan dan barang kandas di alur dan kolam pelabuhan,” ungkap Faizal kepada bangkapos.com pada hari Kamis (7/5/2015).

Menurutnya, dampak dari persoalan tersebut berpengaruh ke berbagai aspek, seperti transportasi darat sebagai pengangkut barang baik dari maupun ke kapal, pendapatan dan aktifitas ekonomi masyarakat di sekitar pelabuhan juga menjadi turun dan dampak-dampak lainnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gempar Alfani juga mengatakan hal sama. “Kalau nggak ada pembangunan hingga normalisasi kolam dan alur, maka Pelabuhan Muntok ini lambat laut akan menjadi pelabuhan mati,” tandas Alfani.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here