Bekerjasama Dengan Swasta, PT KAI Daop 1 Jakarta Luncurkan KA Barang

0
693
KOKOH: Salah satu kereta pengangkut barang saat melintas di Cirebon. (indonesia.dopos.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 1 Jakarta bekerjasama dengan PT Bintang Laut Platinum meluncurkan pengoperasian KA barang lintas Jakarta-Surabaya. EVP DAOP 1 Jakarta John Roberto mengungkapkan, kerja sama antara KAI dengan pihak swasta ini merupakan kerja sama yang kesekian kali dalam pengoperasikan KA barang.

Diharapkan dengan adanya kerja sama baru ini, kinerja kedua perusahaan akan meningkatkan. “Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus beranjut. Karena angkutan barang ini memang harus kami tingkatkan. Ke depan, logistik itu ya kereta api,” papar John dalam keterangannya, (1/12).

Saat ini, KA Bintang Laut Platinum ini masih beroperasi satu kali dalam seminggu. Namun, pengoperasian kereta ini akan terus ditingkatkan setiap minggunya. Pada minggu ke empat, kereta ini ditargetkan bisa beroperasi dua hari sekali.

John menambahkan, KA barang ini dioperasikan dengan menggunakan 30 Gerbong Datar (GD) yang mayoritas mengangkut kontainer. Jumlah rangkaian sebanyak itu dipastikannya akan membantu pemerintah dalam mengurangi kepadatan angkutan logistik di jalan raya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Manajer PT Bintang Laut Platinum Adji Wihardja menambahkan bahwa kerja sama dengan KAI dalam mengoperasikan kereta barang ini merupakan upaya bisnis perusahaannya untuk menjadi lebih efisien.

Sejak 2013 pihaknya sudah bekerjasama dengan KAI dalam mengangkut barang ke beberapa rute di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hanya saja selama ini, perusahaan tersebut mengangkut barang melalui anak usaha KA yaitu PT KA Logistik sebagai operator. “Sekarang kita coba beranikan diri jalankan sendiri. Kita harap dengan lebih banyak transportasi logistik memindahkan muatan ke kereta api, saya melihat dari segala sisi keuntunganya sangat banyak,” pungkasnya, seperti dilansir dopos.co.id.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here