Belum Beroperasi, Pelabuhan Serasan Masih Tunggu Regulasi dan Perlengkapan Pelabuhan

0
402
Pelabuhan Serasan, Natuna (sindobatam.com)

Natuna – (suaracargo.com)

Pelabuhan Serasan, Natuna, yang rampung 2016 lalu, masih menunggu regulasi antara operator dan pengguna jasa di samping perlengkapan pelabuhan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna Iskandar Dj menuturkan, status pelabuhan itu masih ditangani pemerintah pusat bersamaan dengan regulasi operator.

Dinas sudah mengingatkan Kementerian Perhubungan terkait Pelabuhan Serasan yang terkesan dibiarkan setelah rampung. Menurut Iskandar, Kemenhub sudah merespon dengan memanggil PT Pelni untuk bisa sandar di pelabuhan Serasan.

“Sekarang ini tinggal regulasi antara pihak PT Pelni dengan KM Bukit Raya supaya bisa sandar,” jelas Iskandar DJ, kemarin.

Terlepas soal regulasi, rupanya muncul masalah yang lebih krusial. Kapal besar seperti KM Bukit Raya tidak bisa sandar di dermaga karena alat pendukung semisal tangga penumpang belum tersedia. Dinas memastikan tangga itu akan disediakan tahun ini lewat APBD.

Sementara itu, Anggota DPRD Natuna Pang Ali meminta Kementerian Perhubungan turun ke Serasan untuk melihat langsung Pelabuhan Serasan lantaran hingga kini belum difungsikan tanpa alasan yang jelas.

“Ada apa sebenarnya dengan pelabuhan itu. Atau ada sesuatu hal yang membuat Kementerian ragu soal kekuatan konstruksi pelabuhan,” keluh Pang Ali, seperti dilansir sindobatam.com.

Sebagai wakil rakyat yang tinggal di Serasan, Pang Ali mengaku malu dengan masyarakat setempat. Dia tidak sanggup menjawab pertanyaan warga soal pengoperasian pelabuhan. “Saya sendiri sampai bingung mau jawab apa,” sebut dia.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra mengatakan, dari informasi yang dia terima, alasan pelabuhan belum difungsikan lantaran masih ada pekerjaan tambahan berupa kelengkapan pelabuhan.

“Itu pelabuhan belum ada tangga naik turunnya dan beberapa perlengkapan pendukung lain,” ungkapnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here