Benahi Infrastruktur, Pemko Batam Bangun 4 Pelabuhan Rakyat

0
270
Gedung Otorita Batam (id.wikipedia.org)

Batam – (suaracargo.com)

Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana meningkatkan infrastruktur untuk menunjang konektivitas bagi masyarakat di pulau penyangga (hinterland). Di antara rencan tersebut adalah pembangunan dan pembenahan empat pelabuhan rakyat atau pelabuhan pengumpan di Batam.

“Yaitu pelabuhan di wilayah Punggur, Teluk Sunti di Pulau Terong, Pulau Aweng dan peningkatan pelabuhan Pancung di Sekupang,” sebut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri, kemarin.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan-pelabuhan itu mendesak lantaran itu jadi salah satu kebutuhan dasar penunjang transportasi masyarakat pesisir. Dengan dibangunnya pelabuhan rakyat ini, Zulhendri berharap agar ke depan nanti, pihaknya hanya tinggal meningkatkan statusnya sebagai pelabuhan utama.

“Kalau sudah bagus fasilitasnya, bisa ditingkatkan jadi pelabuhan pengumpul, setelah bagus lagi kita jadikan pelabuhan utama,” kata dia, seperti dilansir indopos.co.id.

Adapun, pembiayaan pembangunan pelabuhan tersebut melalui alokasi anggaran dari pusat dan juga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam.

“Tiga yang dialokasikan dari pusat, satu yang berasal dari APBD kita,” kata Zulhendri.
Anggaran dari APBN senilai Rp 7 miliar digunakan untuk pembangunan pelabuhan di Punggur, Teluk Sunti di Pulau Terong, dan Pulau Aweng. Semantara dari APBD Kota Batam senilai Rp 2,4 miliar digunakan untuk peningkatan pelabuhan Pancung, Sekupang.

“Ini sudah sesuai dengan perencanaan yang kita buat,” paparnya.

Kepala Dinas menyebut, proyek-proyek pelabuhan ini bisa segera masuk tahap lelang. Sehingga, masyarakat bisa segera merasakan manfaat adanya pelabuhan-pelabuhan rakyat tersebut.

“Awal Maret ini sudah dilelangkan,” terangnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY