Bersaing di Era MEA, Perusahaan Logistik di Indonesia Perlu Pengingkatan SDM dan Infrastruktur

0
459
Ilustrasi aktivitas bongkar muat pelabuhan. (Republika/Tahta Aidilla)

Berbicara Masyarakat Ekonomi ASEAN, era tersebut tidak akan bisa lepas dari persaingan dan untuk bisa bersaing dengan baik, perusahaan-perusahaan logistik di Indonesia memerlukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Tengah Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI) Suprapto SE MM menyatakan, beberapa hal sudah dilakukan organisasinya terkait persiapan SDM untuk tenaga logistik dan forwarding.

“Jika kita berbicara soal SDM, tidak hanya di Jawa Tengah saja. Secara umum tenaga di bidang logistik dan forwarding masih kurang. Untuk itu kami melakukan berbagai latihan, diantaranya basic forwarding course. Sosialisasi ke kampus-kampus mempersiapkan pengetahuan generasi berikutnya,” kata Suprapto di Semarang, seperti dilansir suaramerdeka.com.

Berdasarkan output dari penelitan yang telah dilakukan selama ini oleh DPW ALFI Jawa Tengah, di bidang pendidikan misalnya, Jawa Tengah dipercaya pusat mengirim satu orang untuk bersaing berkompetisi dalam ajang Young International Freight Forwarder of the Year Award (YIFFA) dengan tenaga lain dari Asia Pasific.

“Jika lolos mengikuti babak selanjutnya di Skotlandia untuk bersaing dengan empat region di dunia. Kalau bisa bersaing dan mendapat juara, paling tidak tenaga logistik dan forwarder Indonesia diakui kemampuannya,” paparnya.

Berikutnya adalah persoalan perijinan, ia bersyukur pemerintah telah memberi payung hukum yang jelas terkait logistik dan forwading. Terakhir adalah infrastruktur, saat ini Pelabuhan Tanjang sudah bisa menaik – turunkan barang pada tiga kapal sekaligus.

“Selain kami juga melakukan sosialisasi kepada anggota ALFI bagaimana menghadap tadi,” ujar Suprapto.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here