Bisnis Online di Indonesia Berpotensi Tembus US$ 50 Milyar Pertahun

0
334
ilustrasi bisnis online (bandung.bisnis.com)
ilustrasi bisnis online (bandung.bisnis.com)

Bandung – (suaracargo.com)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai, Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak akan bisa menjadi sebuah market yang besar dalam bisnis e-commerce. bahkan, nilai transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 50 miliar per tahun.

Dia lalu memberikan contoh besarnya e-commerce di negara lain seperti China. E-commerce di negara Tirai Bambu tersebut tumbuh pesat hingga nilai transaksi pada 2014 mereka mencapai US$ 430 miliar atau tiga kali APBN Indonesia di tahun 2014.

Menurutnya, penduduk di China mencapai 2 miliar orang dan Indonesia hanya 250 juta orang. Hal itu berarti jumlah penduduk di China mencapai delapan kali lipat penduduk di China. Oleh karena itu, peluang pendapatan e-commerce di Indonesia seharusnya bisa mencapai seperdelapan dari apa yang diperoleh Negara China.

“Dengan pendapatan e-commerce di China US$430 miliar dari penduduknya yang 2 miliar, artinya dengan 250 juta penduduk Indonesia maka kita berpotensi untuk mencatat transaksi e-commerce hingga US$ 50 miliar. Dengan yang diperoleh saat ini hanya US$ 12 miliar, dibutuhkan aturan atau regulation framework yang harus disiapkan untuk mendukung e-commerce ke depan,” katanya, seperti dilansir bisnis.com.

Seperti diketahui sebelumnya, nilai e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada 2014 lalu, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai US$12 miliar atau lebih dari Rp150 T. Sebuah peningkatan yang cukup besar meski tanpa bantuan atau d ukungan dari pemerintah, karena pada tahun sebelumnya yaitu 2013 tercatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia hanya mencapai US$8 miliar. Sementara itu diprediksi juga bahwa pada tahun ini, nilai transaksi e-commerce di Indonesia bisa mencapai angka US$23 miliar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here