BP Batam akan Renovasi 4 Pelabuhan

0
503
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)

Batam – (suaracargo.com)

Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Kepulauan Riau berencana meningkatkan kapasitas serta merenovasi empat pelabuhan di kawasan itu hingga 2016.

“Pelabuhan yang akan ditingkatkan kapasitasnya yaitu Pelabuhan Kargo Batuampar dan Pelabuhan Kargo Kabil. Sedangkan dua pelabuhan penumpang Punggur dan Domestik Sekupang akan direnovasi,” kata Deputi Bidang Perencanaan dan Pembangunan BP Kawasan Batam, I Wayan Subawa di Batam, Kamis (19/3), sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Dua tahun lalu, lanjutnya, sudah dilakukan perpanjangan dermaga di Batuampar. Tahun depan, baru dilakukan pembangunan open storage. “Open storage akan dibangun di dermaga utara untuk melengkapi kebutuhan pelaku industri dalam kegiatan ekspor dan impor,” ujarnya. Adapun di Pelabuhan Kabil, BP Batam berencana membangun dermaga curah.

Wayan mengemukakan, dulu pelabuhan itu relatif sepi, namun kini Pelabuhan Kabil mulai ramai. Oleh karena itu, BP Kawasan memutuskan menambah kapasitas pelabuhan itu untuk memberikan pelayanan terbaik pada industri. “Dulu lambat, sekarang sudah mulai antre di sana, maka kami putuskan menambah dermaga,” ucap dia.

Selain meningkatkan pelayanan pelabuhan untuk kebutuhan industri, BP Batam juga akan meningkatkan pelayanan pelabuhan penumpang, yaitu dengan merenovasi terminal Pelabuhan Punggur dan Pelabuhan Domestik sekupang. Pengerjaan renovasi Pelabuhan Pungggur akan mulai dikerjakan sekitar Mei 2015. Sedangkan Pelabuhan Domestik Sekupang akan mulai masuk proses tender. “Tahun ini tender, anggaran sudah siap, desain sudah ada,” ujar dia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here