BPBD Kabupaten Tegal Siapkan Dapur Umum dan Bantuan Logistik

    0
    493
    Kepala Pelasksana BPBD Kab Tegal, Tedjo Kisworo didampingi Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Hadi Sukamto menjelaskan tentang bantuan yang disiapkan BPBD untuk korban banjir,Rabu (4/1). (SM/Cessnasari)

    Slawi – (suaracargo.com)
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal telah menyiapkan dapur umum untuk membantu warga Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi yang terkena banjir akibat meluapnya Sungai Cacaban.

    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Tedjo Kisworo menyebutkan, dapur umum telah disiapkan sewaktu-waktu warga yang terkena dampak bencana membutuhkan.

    “Informasi yang diterima, hari ini (kemarin) warga dan pihak desa masih bisa menyediakan makanan. Meski demikian, BPBD dan relawan dari PMI telah menyiapkan sembako, sewaktu-waktu dibutuhkan bisa siap dimasak. Ada makanan kaleng, mi instan dan sebagainya,”terang Tedjo Kisworo, Rabu (4/1).

    Tedjo menyebutkan, Desa Sidaharja merupakan salah satu daerah langganan banjir. Kondisi ini dikarenakan karena dangkalnya Sungai Cacaban. Sehingga, saat curah hujan tinggi, sungai tidak mampu menampung air yang datang. Air pun akhirnya meluap ke daerah sekitar.

    Sementara itu, Jamroni (52) warga RT 14 RW 7 Desa Sidaharja menyebutkan, banjir mulai menggenangi rumah warga sejak Rabu (4/1) pukul 01.00 dini hari. Ketinggian air lebih dari 50 sentimeter. Wilayah yang terendam banjir meliputi RT 10, 12, 13 dan sebangian RT 14 RW 7.

    Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD Kabupaten Tegal, Hadi Sukamto, akibat tanah bergerak sebanyak 17 rumah mengalami retak-retak. “Para penghuninya, untuk sementara pindah ke rumah sanak saudara yang juga berada di lingkungan setempat,”ujarnya.

    Menurut dia, Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto, telah menghubungi BPBD dan meminta bantuan logistik.

    Terkait permintaan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD, Tedjo Kisworo menyebutkan, pihaknya akan segera memberikan bantuan logistik untuk memperbaiki rumah warga yang mengalami retak.

    “Hari ini rencananya diserahkan. Bantuan disiapkan untuk 17 rumah,”tuturnya, seperti dilansir suaramerdeka.com.

    Penulis: Cessnasari/CN34/SM Network
    editor: M. Nahar

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here