Bupati Cirebon Targetkan Pelabuhan Internasional di Kecamatan Gebang Mulai Dibangun Tahun 2017

0
500
Pelindo II Rancang Pelabuhan Cirebon Terhubung Tol Kanci. Foto: Istimewa (jppn.com)

Cirebon – (suaracargo.com)

Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi menargetkan pelabuhan internasional, yang terletak di Kecamatan Gebang, mulai dibangun tahun 2017. Namun, Sunjaya menegaskan, pembangunan pelabuhan internasional itu tidak akan mengganggu keberadaan nelayan.

“Tahun 2016 inikan ada FS dulu, untuk menentukan titik koordinat dan lokasi pelabuhan. Ya satu bulanlah nggak lama. Lalu setelah itu, pembebasan lahan, paling setengah tahunan. Nah, target tahun 2017 Pelabuhan Internasional di Gebang bisa langsung dibangun,” ungkap Sunjaya kepada Radar, Rabu (27/4).

Adapun lokasi pembangunan pelabuhan internasional di Gebang bukan di lokasi Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Gebang. Sehingga dia yakin tidak akan mengganggu aktivitas nelayan. Keberadaan pelabuhan tersebut, kata Sunjaya, untuk mendongkrak industri di Kabupaten Cirebon.

“Saat ini, sedang banyak pembangunan industri di Kabupaten Cirebon. Maka dari itu, sangat perlu ada pelabuhan untuk akses, di samping pula sudah ada tol,” ujarnya sembari menambahkan, sudah ada beberapa investor asing yang berminat membangun pelabuhan internasional di Gebang..

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Suherman belum yakin jika pembangunan pelabuhan internasional Gebang akan bisa terlaksana pada tahun 2017. “Iya nggak bisa secepat itulah. Kan butuh kajian mendalam. Jangan sampai rakyat di sini dikorbankan. Rakyat harus jadi prioritas,” ujar pria yang akrab dengan panggilan Anger ini.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here