Bupati Jayapura Kesal Kemenhub Tidak Konsisten Bangun Pelabuhan Peti Kemas

0
163
Pelabuhan Jayapura (inaport4.co.id)

Sentani – (suaracargo.com)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengaku kesal dengan Kementerian Perhubungan RI yang tidak konsisten soal pembangunan pelabuhan peti kemas di Distrik Depapre.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini, proses pembangunan dan komitmen bersama sudah dinyatakan ketika kehadiran Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan pelabuhan peti kemas tersebut.

“Kita sudah berkomitmen, kenapa Kementerian Perhubungan seperti tidak merespon bahkan tidak ada tanda-tanda koordinasi baik di antara kita. Sudah berkali-kali kita ke pusat untuk membicarakan hal ini. Lebih parahnya lagi sudah ada barang-barang yang harus didrop ke Depapre tetapi malah di tahan di pusat. Kementerian Perhubungan lagi sibuk bangun di tempat lain. Menhub tidak konsisten,” ungkap Bupati Mathius Awoitauw, dengan nada kesal, saat ditemui di kantornya, Rabu (7/3/2018).

Bupati Awoitauw mengatakan, seharusnya yang membuat konsistensi ini adalah Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait. Tetapi, hingga saat ini belum direalisasikan dalam pekerjaan. Sejak dari peresmian hingga saat ini sudah berjalan tiga tahun.

ÔÇťApakah kita harus menunggu untuk tahun-tahun berikutnya? Kita sangat membutuhkan pelabuhan peti kemas karena menyangkut sistem pelayanan yang luas dari daerah ini. Sudah jelas kehadiran pelabuhan di sini akan sangat membantu perekonomian daerah tetapi juga masyarakat sekitar,” jelasnya.

Koordinator Dewan Adat Suku (DAS) Kabupaten Jayapura, Daniel Toto, mengatakan masyarakat adat turut mendorong percepatan proses pembangunan pelabuhan dengan menyampaikan sejumlah aspirasi melalui forum resmi di daerah ini hingga ke pusat.

“Pemerintah juga harus menghargai hak-hak dasar masyarakat adat yang telah memberikan tempat dan lahan untuk kepentingan umum. Kalau sudah ada komitmen pembangunan maka harus dilaksanakan segera. Kalau tinggal lama-lama nanti ceriteranya jadi lain,” ujarnya, seperti dilansir tabloidjubi.com

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here