Cegah Kelebihan Muatan, Terminal di Pelabuhan Manado Rampung April

0
577
DIPERCANTIK: Terminal eks Gudang Belanda yang direnovasi untuk mendukung program pariwisata Sulut. Foto lain, bagian interior terminal yang semakin luas dan nyaman bagi para penumpang. Foto: Julius Laatung/MP

Manado – (suaracargo.com)

Masih padatnya arus balik usai momen Natal dan Tahun Baru ini, General Manager PT Pelindo IV Manado Capt Syarifuddin Hamma mengatakan, pihaknya mengutamakan keselamatan pengguna transportasi laut.

“Tidak kita izinkan bila kedapatan satu kapal berlayar dengan kelebihan manifest atau penumpang. Jumlah tiket semua sesuai kapasitas kapal. Bahkan cenderung tiap perjalanan sepanjang momen Natal dan Tahun Baru kemarin tak sepenuhnya kapal terisi,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, dari volume rata-rata kapasitas kapal yang ada, tak ada satupun kapal yang kedapatan ditemukan kelebihan bobot muatan.

Pihaknya pun terus berkoodinasi dengan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) menyelenggarakan pelayanan safety dan sesuai aturan. “Ada juga pemeriksaan sertifikasi seperti model pilot. Kalau ditemukan tidak diperpanjang, akan dikenakan sanksi pencabutan dan hukuman penjara,” tegas Capt Syarifuddin.

Diketahui, dari 12 kapal yang beroperasi, rata-rata masih melakukan seluruh ketentuan yang kita ajukan. Teman-teman KSOP juga mengecek dulu sebelum berangkat. “Tahun ini trennya banyak orang kepulauan merayakan Natal dan Tahun Baru ke Manado,” tutupnya, seperti dilansir manapostonline.com.

Di sisi lain, impian mendapatkan Pelabuhan Manado yang aman, nyaman, dan representatif, segera dirasakan warga Sulut. Menyusul rampungnya tujuh gudang eks Belanda yang dipugar menjadi terminal.

Dengan mengusung arsitektur masa kini, namun tetap mempertahankan ikon-ikon sebelumnya. Ketujuh gudang tersebut dikebut rampung pada April mendatang. “Sudah 45 persen terminal selesai. Bahkan ada satu terminal sudah mendekati rampung. Kita targetkan April semua sudah selesai,” pungkas Capt Syarifuddin.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here