China Luncurkan Pengiriman Barang Dengan Kereta Langsung ke London

0
568
Kereta Barang China (Reuters/detik.com)

Beijing – (suaracargo.com)

Pasar grosir di Yiwu (JOHANNESEISELE/AFP) Dengan layanan kereta barang langsung, produk-produk China bisa sampai di ibu kota Inggris dalam tempo dua minggu. China meluncurkan kereta barang langsung dari negara itu ke ibu kota Inggris, London, dan kereta pertama kini sedang dalam perjalanan untuk mengangkut barang-barang hasil produksi negara Tirai Bambu itu.

Kereta barang langsung pertama ke ibu kota Inggris sudah meninggalkan Kota Yiwu, Provinsi Zhejiang, China timur. Kereta tersebut mengangkut pakaian, tas dan barang-barang keperluan rumah tangga yang ditujukan untuk pasar Inggris. Dengan menggunakan layanan kereta langsung ini, barang-barang tersebut dijadwalkan akan sampai di London pada 16 Januari, sekitar dua minggu perjalanan.

Dengan adanya layanan kereta langsung, maka para eksportir China memiliki pilihan lebih luas tentang moda pengiriman barang, tidak hanya mengandalkan kapal laut yang murah tetapi memakan waktu lama, atau pesawat udara udara yang cepat tetapi mahal.

Meski demikian, jika mengirim barang menggunakan kereta, para eksportir harus menyadari bahwa muatan bakal dipindahkan ke kereta lain di beberapa tempat yang ukuran relnya berbeda-beda. Proses itu tentu memakan waktu, walau tidak selama mengirim barang menggunakan kapal.

Layanan kereta barang langsung ke London merupakan bagian dari upaya pemerintah China untuk menghidupkan kembali Jalan Sutera, jalur darat terpanjang yang membentang di antara dua benua yang menghubungkan China dan dunia Barat di masa lampau.

Pemerintah China menyebut proyek baru itu sebagai Jalan Sutra Baru. Wartawan BBC di Beijing, John Sudworth, melaporkan Jalan Sutra Baru adalah proyek politik penting yang bertujuan untuk mendongkrak perdagangan dan investasi.

Belasan kota di Eropa sudah dilayani kereta langsung dari China selama beberapa tahun terakhir dan London tercatat sebagai kota tujuan terbaru.

Sebagaimana dilansir dari detik.com, rute yang dilalui kereta barang itu meliputi Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman, Belgia dan Prancis sebelum menyeberang ke Inggris.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here