CT Resmikan Pencanangan Tol Trans Sumatra

0
370
Ilustrasi Foto: Dok. detikFinance
Ilustrasi Foto: Dok. detikFinance

Binjai – (suaracargo.com)

Hari Jumat (10/10/2014) ini merupakan hari bersejarah bagi masyarakat di pulau Sumatera. Untuk pertama kalinya di pulau ini bakal dilakukan pencanangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) bakal meresmikan pencanangan tol ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hutama Karya merupakan perusahaan yang ditunjuk pemerintah untuk menggarap 4 dari 23 tol yang total panjangnya mencapai 2.600 km ini.

Empat ruas tol yang akan digarap tersebut antara lain Medan-Binjai sepanjang 17 km, Palembang-Indralaya sepanjang 22 km, Bakauheni Terbanggi Besar dan Pekanbaru-Kandis-Dumai. Total panjang keempat jalan tol tersebut mencapai 300 km.

Yang akan diluncurkan pencanangannya hari ini oleh CT adalah ruas Medan-Binjai. Ruas jalan itu digarap terlebih dahulu karena pembebasan lahannya tak akan menemui kesulitan sebab sebagian besar lahannya milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

CT dijadwalkan hadir dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan pejabat terkait serta tamu undangan lain. Diperkirakan sore ini, acara pencanangan ini mulai digelar di Desa Semayang, Binjai, Sumatera Utara.

Segala bentuk persiapan di lokasi sudah tersedia. Mulai dari tenda yang dibangun di tengah-tengah perkebunan tebu dan sawit hingga ratusan spanduk di jalanan dari Medan hingga ke tempat lokasi, di Binjai.

Meski sudah dilakukan pencanangan, tol ini tak bisa langsung dieksekusi pengerjaannya. Hutama Karya yang mendapat penugasan proyek ini harus mengurus administrasi ke pemerintah. Salah satunya adalah pembentukan Badan Usaha Jalan Tol dan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol. Tol ini baru bisa dibangun di masa pemerintahan yang baru nanti.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here