Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi Ancam Pelabuhan Merak

0
332
Ilustrasi cuaca buruk.  (shutterstock/tribunnews.com)
Ilustrasi cuaca buruk.
(shutterstock/tribunnews.com)

Merak – (suaracargo.com)

Ketinggian gelombang laut di di wilayah perairan Merak dan Selat Sunda yang bisa mencapai 2 hingga 4 meter membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang memperingatkan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak untuk berhati-hati terhadap ancaman ombak dan gelombang tinggi tersebut.

Jurubicara PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo mengatakan, peringatan BMKG ini berlaku sejak 23 hingga 25 April 2015. Menurut Mario, BMKG memperingatkan arus transportasi laut karena ketinggian gelombang wilayah selatan cukup tinggi dan berimbas ke wilayah utara atau Pelabuhan Merak. “Untuk gelombang tinggi dan ekstrem itu terjadi di wilayah Selatan. Tapi, bagian Utara pun terkena imbasnya. Untuk itu, BMKG melakukan peringatan dini kepada kami untuk berhati-hati,” kata Mario Jumat (24 April 2015), sebagaimana dilansir tempo.co.

Mario juga mengatakan, sejak Kamis kemarin (23 April 2105), cuaca buruk dan disertai gelombang tinggi di wilayah Perairan Merak sudah dapat dirasakan. Meski begitu, aktivitas kepelabuhanan, baik di Pelabuhan Merak maupun Bakaueni, tidak terganggu dan berjalan seperti biasanya. “Kami terus memantau kondisi di Pelabuhan, Alhamdulillah sampai saat Pelabuhan Merak maupun Bakaueni masih normal,” ujar Mario.

Kapal yang beroperasi, kata Mario, masih tetap normal yakni sebanyak sebanyak 28 unit Kapal roll on roll off (roro) yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung. “Dermaga juga kita optimalkan semuanya, Kalau melihat jumlah kapal normal. Dan mudah-mudahan semua kendaraan yang akan melakukan penyeberangan bisa semua terangkut,” ujar Mario.

Sementara itu, Tim Search and Research PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Radmiadi mengatakan, pihaknya akan bersiaga penuh untuk melakukan penjagaan bila sewaktu-waktu terdapat kejadian akibat cuaca buruk yang terjadi. “Dari malam ini, kita akan tetap berjaga-jaga. Besok juga kita siaga penuh dari pagi hari untuk memantau sandar dan labuh kapal di 5 dermaga di Pelabuhan Merak,” kata Radmiadi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here