Cuaca Buruk Ganggu Aktivitas Penyeberangan Merak – Bakauheni

0
178
Pelabuhan Merak (istimewa/sindonews.com)
Pelabuhan Merak (istimewa/sindonews.com)

Cilegon – (suaracargo.com)

Akhir-akhir ini, cuaca buruk yang terjadi di perairan Selat Sunda membuat aktivitas di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung, mengalami gangguan. Gangguan tersebut terutama dirasakan Kapal Motor Penumpang (KMP) yang melakukan perjalanan.

“Cuaca buruk membuat kapal yang akan berlayar mengalami keterlambatan tidak sesuai jadwal, bahkan kesulitan untuk berlayar. Kami juga sudah mengimbau kepada seluruh nahkoda untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo, Rabu (3/12/2014), sebagaimana dilansir sindonews.com.

Ditambahkan Mario, ketinggian gelombang saat ini mencapai 1,5 meter. Kapal yang memiliki kapasitas kurang dari 2.000 gross tonnage (GT), dikhawatirkan tidak bisa menahan arus dan gelombang yang sangat kuat. “Kapal besar masih bisa menahan arus. Tapi biasanya jika terjadi cuaca yang cukup ekstrem, kapal kecil tidak mau beroperasi,” ungkapnya.

Meski begitu, hingga kini pihaknya belum menutup bahkan melakukan pembatalan keberangkatan kapal. kapal yang saat ini ada pun masih dioptimalkan sehingga tidak ada penumpukan penumpang maupun kendaraan yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera.

“Ini sulit diprediksi, karena memang kondisi alam. Namun hingga kini kami masih mengoperasikan 26 kapal. Kami juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti BMKG, serta menyiapkan kapal bantuan apabila ada kapal yang terjebak cuaca,” tuturnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY