Cuaca Buruk Tidak Ganggu Penerbangan di Bandara Hang Nadim

0
407
ilustrasi pendaratan pesawwat (jurnalsumatra.com)
ilustrasi pendaratan pesawwat (jurnalsumatra.com)

Batam – (suaracargo.com)

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan cuaca buruk yang ditandai dengan hujan lebat dan petir sejak Selasa (18/11) pagi, tidak mengganggu jadwal penerbangan dari dan ke Batam.

“Alhamdulillah hingga saat ini masih lancar. Semua penerbangan yang meninggalkan atau mendarat di Hang Nadim masih lancar,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Selasa (18/11) pagi.

Ia juga mengatakan bahwa, dari sekitar pukul 07.00 WIB puluhan penerbangan baik yang tiba dan meninggalkan Batam rata-rata masih sesuai dengan jadwal. Pesawat yang sudah tinggal landas dari Batam hingga siang ini, kata Suwarso, antara lain tujuan Jakarta, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, Palembang, Lampung, Jambi, Riau, Padang, Medan oleh maskapai Lion Air, Citilink, Sriwijaya, Garuda Indonesia, Wings Air.

“Kami masih terus memantau perkembangan cuaca dan berkoordinasi dengan BMKG. Mudah-mudahan tidak semakin memburuk dan mengganggu jadwal penerbangan domestik maupun internasional,” kata dia, sebagaimana dilansir jurnalsumatra.com.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Hang Nadim, Philip Mustamu, mengatakan bahwa jarak pandang mengalami penurunan akibat hujan lebat yang melanda kawasan bandara. “Berdasarkan pantauan, jarak pandang sekitar 6.000 sampai 7.000 meter. Meski menurun dari jarak normal, namun masih aman untuk penerbangan,” kata dia.

Selain itu, Philip juga mengimbau pilot waspada dan hati-hati karena permukaan landasan licin. “Kami juga mengimbau pengguna transportasi lain agar waspada dan hati-hati karena cuaca mudah berubah,” kata Philip. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi juga masih akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan fasilitas yang dimiliki dan dikelola oleh Badan Pengusahaan Batam. Hang Nadim memiliki landas pacu hingga 4,025 kilometer.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here