Cuaca Buruk, Tiga Kapal Pengangkut Sapi Tertahan di Pelabuhan Tenau

0
486
Ilustrasi Pengangkutan Sapi (Dok Humas / jppn.com)

Kupang – (suaracargo.com)

Sebanyak tiga unit kapal pengangkut sapi yang akan dikirim ke Pulau Jawa masih tertahan di Pelabuhan Tenau, Kupang akibat cuaca buruk yang melanda perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patriot Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tenau Kupang, Yudi Kusmiyanto di Kupang, Selasa (13/6/2017) mengatakan, cuaca buruk tersebut sudah terjadi sejak awal Juni 2017.

“Akibat cuaca buruk tiga kapal itu masih berada di Pelabuhan Tenau. Dan kami juga sudah mengeluarkan larangan berlayar,” katanya kepada wartawan di Kupang.

Ketiga kapal pengangkut sapi tersebut adalah kapal Tol Laut Camara Nusantara I milik Pelni, serta dua kapal barang yang memang sering digunakan oleh para pengusaha sapi untuk mengangkut sapi guna dikirim ke Pulau Jawa.

Yudi menjelaskan, kapal Cemara Nusantara I yang membawa sapi dari NTT seharusnya sudah bertolak sejak pekan lalu. Namun, kapal yang mengakut kurang lebih 498 ternak sapi itu masih saja tertahan di pelabuhan tersebut.

“Sementara dua kapal barang yang masih bersandar di Pelabuhan Tenau hingga saat ini akan mengirim sapi ke Surabaya,” tuturnya, seperti dilansir okezone.com.

Pantauan di lokasi, kapal Camara Nusantara I milik PT Pelni hingga saat ini masih berlabuh di Teluk Hansisi di antara Pulau Semau dan Pulau Timor. Izin berlayar lanjut Yudi, akan diterbitkan jika cuaca di perairan NTT sudah mulai membaik. Sebab menurut data dari BMKG gelombang laut di perairan NTT hingga saat ini mencapai 3,5 hingga 4 meter.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here