Datangi Menko Bidang Kemaritiman, Gubernur Maluku Minta Restu Resmikan Pelabuhan Babang

0
434
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Khasuba pagi tadi sekira pukul 10.00 WIB secara mendadak mendatangi kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman. Padahal sebelumnya tidak ada agenda yang menyebutkan Khasuba akan menggelar pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Usai pertemuan berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut, Khasuba mengatakan bahwa pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka meminta secara langsung kepada Luhut agar bersedia meresmikan Pelabuhan Babang, di Halmahera Selatan.

Dia menjelaskan, pelabuhan tersebut merupakan salah satu pelabuhan yang masuk ke dalam program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Soalnya, pelabuhan ini akan melayani rute dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Bitung, hingga Papua. “Saya minta bantuan beliau (Luhut), kita meresmikan pelabuhan yang Insya Allah jadi tol laut, yang dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Bitung. Karena lewat Pelabuhan Baban itu kan terus ke Papua, itu lewat situ,” ujarnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Sebelum masuk ke dalam program tol laut, pemanfaatan pelabuhan tersebut masih jauh dari maksimal. Hal itu terlihat dari masih minimnya kapal yang bersandar. Padahal fasilitas dermaga sudah bisa mengakomodir kapal-kapal berkapasitas besar.

“Tapi sampai sekarang, kapal-kapal Pelni itu baru dua yang mampir. Nah itu pelabuhan sudah hampir 100-200 meter lagi sudah bisa disinggahi kapal-kapal besar. Kita berharap, beliau (Luhut) dan Presiden bisa resmikan,” tuturnya, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here