Dekat Kota, Pemkot Hendak Kembangkan Pelabuhan Pasuruan

0
132

Gadingrejo – (suaracargo.com)

Sudah lama Pemkot Pasuruan ingin mengembangkan pelabuhan Pasuruan. Sebab, dengan lokasi Kota Pasuruan yang dekat dengan Kabupaten Pasuruan, semestinya hasil produksi pabrik diangkut melalui pelabuhan terdekat. Sayang, pelabuhan Pasuruan kurang memenuhi syarat.

Pemkot Pasuruan pun berupaya kembali merencanakan pengembangan pelabuhan. Dalam waktu dekat, Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan pemaparan di hadapan wali kota untuk meminta rekomendasi. Selanjutnya, rekomendasi ini akan disampaikan pada Pemprov Jatim.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan, Samsul Arifin mengatakan pengembangan pelabuhan bukannya tanpa alasan. “Selama ini, perusahaan di wilayah Pasuruan memilih mengirim barang melalui pelabuhan Kota Probolinggo. Sebab, kedangkalan pelabuhan Kota Pasuruan karena sering mendapat kiriman pasir saat terjadi banjir,” katanya, seperti dilansir

Kalau surat keputusan (SK) dari Pemprov turun, akan segera dilakukan kajian pengembangan pelabuhan.Kajian ini akan dilakukan oleh tim gabungan dari Pemkot seperti Dishub, Dinas PU dan Penataan Ruang serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta tim dari Pemprov. Kajian ini mengenai jalan masuk ke pelabuhan, dermaga dan proses reklamasi.

Untuk sementara, Dishub mulai melakukan sosialisasi pada sejumlah perusahaan di wilayah Pasuruan, baik di Kota maupaun Kabupaten. Sosialisasi ini mengenai rencana pengembangan pelabuhan dan keinginan Pemkot agar ke depannya perusahaan tersebut menggunakan pelabuhan Kota Pasuruan.

“Kami masih menunggu rekom dari wali kota terlebih dahulu untuk selanjutnya disampaikan pada Pemprov Jatim. Ini bertujuan untuk menentukan seperti apa pengembangan pelabuhan di Kota Pasuruan nantinya,” terang Samsul, seperti dilansir jawapos.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY