Delegasi Otoritas Pelabuhan Surabaya Kunjungi JICT

0
197
Ilustrasi Aktivitas bongkar muat peti kemas di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta. (republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Delegasi Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bertandang ke Jakarta International Container Terminal (JICT). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari studi banding terkait program quick win Kementrian Perhubungan, yang mewajibkan pelayanan pelabuhan 24 jam 7 hari.

“Terpilihnya Tanjung Priok utamanya JICT sebagai tujuan studi banding karena sudah menerapkan sistem DO (Delivery Order) online. Kami berharap dari kunjungan ini, bisa untuk memperbaiki Tanjung Perak,” kata Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Irwanto di Jakarta.

“Di samping itu, JICT merupakan salah satu terminal petikemas yang dipandang tepat untuk benchmarking,” tambah Irwanto, seperti dilansir merdeka.com.

JICT sendiri telah menjalankan program pelayanan pelabuhan 24 jam lewat portal ‘My JICT’.

Sistem ini mengintegrasikan siklus layanan utama yakni E-billing untuk pelayanan pembayaran dokumen ekspor impor, Autogate untuk pelayanan truk ekspor impor dan sistem elektronik Delivery Order (DO Online) untuk integrasi dokumen kapal.

Irwanto mengapresiasi apa yang dilakukan JICT. Dirinya tidak ingin pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tertinggal jauh dari Tanjung Priok.

Sementara itu, Presiden Direktur JICT Gunta Prabawa mengatakan pihaknya sangat mendukung program quick win dari Kementrian Perhubungan.

“Kami targetkan pertengahan April sudah bisa berjalan full-cycle. Ini juga sebagai pemicu untuk mendorong kegiatan ekonomi nasional. Selain itu, kami juga fokus dalam peningkatan aspek keselamatan kerja di terminal. JICT selalu berupaya untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa,” kata Gunta.

Saat pelaksanaan studi banding tersebut, dilakukan juga simulasi terhadap pelaksaan DO online terhadap perusahaan pelayaran COSCO dan Forwarding Global Putra Indonesia (GPI) grup.

Tercatat, 19 perusahaan pelayaran telah menggunakan Sistem DO Online di JICT. Dengan adanya portal MyJICT akan memudahkan pengguna jasa dalam melakukan transaksi di terminal.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here